Sosialisasi dan Edukasi Intens Dilakukan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kapuas Hulu

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Penegakan dan penindakan hukum di Kecamatan Putussibau Utara dan Selatan terkait Protap Kesehatan
Kapuas Hulu (Suara Kalbar) - Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dijelaskan berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Nomor 57 Tahun 2020

Terkait akan hal itu Tim gabungan Gugus Tugas COVID-19, menggelar kegiatan penegakan dan penindakan hukum di Kecamatan Putussibau Utara dan Selatan.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan dan Operasi pada Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu, Edy Suhardi mengatakan sasaran dalam kegiatan yang digelar beberapa hari lalu tersebut yakni cafe kuliner dan tempat hiburan malam.

Adapun terkait sanksi kepada pemilik tempat usaha, yang tidak mematuhi peraturan pemerintah tersebut, diantaranya yaitu teguran lisan.

"Dimana Tim melakukan edukasi dan sosialisasi kepada  pemilik dan pengelola tempat usaha, agar mematuhi dan melangkapi kekurangan berdasarkan temuan seperti mengatur jarak dan menyediakan alat termo gun (pengukur suhu tubuh)." ujarnya Jumat (2/10/2020).

Sedangkan tindakan Tim kepada pelanggar protokol kesehatan bagi pengunjung, diantaranya, bagi warga atau pengunjung yang tidak menggunakan masker, langsung dilakukan rapid test di tempat dan apabila hasilnya reaktif, maka akan dibawa langsung ke Dinas Kesehatan setempat, untuk pengambilan sample Swab.

"Jumlah warga yang dirapid test saat kegiatan tersebut sebanyak 25 orang, dengan hasil semuanya Non Reaktif (NR)," katanya.

Menurut Edy, selama masa Pandemi COVID-19 hingga terbitnya Perbup Nomor 57 Tahun 2020, Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kapuas Hulu, telah melakukan berbagai upaya persuasif dan humanis, serta intens melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat.

"Intinya kita selalu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari terutama terkait 3 M yakni Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker ketika keluar rumah dan Menjaga jarak minimal satu meter ketika berkumpul," ungkap Edy Suhardi.


Penulis : Noto
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini