Serius Tangani Covid-19, Dinkes Kalbar Tambah Dua Alat PCR di Labkesda

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Kadinkes Kalbar Harisson saat meninjau kesiapan Labkesda Provinsi Kalbar
Pontianak (Suara Kalbar) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar akan mendatangkan 2 buah alat PCR yang nantinya akan membantu dalam proses pemeriksaan hasil Swab.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar,Harisson menuturkan, dalam mempercepat pemeriksaan Swab ,Dinkes Kalbar sedang mempersiapkan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalbar yakni dengan menyiapkan alat-alat PCR.

“Jadi untuk mempercepat pemeriksaan sampel Swab yang dikirim oleh Kabupaten Kota maupun yang memang kebutuhan pemeriksaan rumah sakit, Dinas Kesehatan Provinsi sedang menyiapkan Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi. Seperti kita ketahui Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi ini memang sudah menyiapkan alat alat dan tinggal alat PCR saja,” ungkapnya saat ditemui awak media di Labkesda, Senin (5/10/2020).

Untuk alat PCR nya sendiri, dalam satu minggu kedepan Harisson mengatakan dua alat PCR akan sampai di Labkesda. Kedua alat tersebut nantinya mampu memeriksa 500 sampai 700 sampel Swab.

“Untuk alat PCR minggu depan sudah kita datangkan . Ada dua alat PCR sehingga nanti akan ada tambahan 500 sampai 700 sampel per hari ,seperti yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura,” jelasnya.

Dirinya hari ini sengaja meninjau Labkesda untuk melihat kesiapan.

“Hari ini memang saya meninjau untuk melihat kesiapannya ,termasuk ada beberapa kekurangan yang dalam beberapa hari ini akan kita penuhi,” sambungnya.

Untuk gedung sendiri, Dinkes Provinsi akan menyiapkan dua gedung yakni satu gedung permanen dan satu gedung sementara.

“Jadi untuk gedung kita mempersiapkan dua gedung. Satu gedung nanti yang memang permanen dan memenuhi standar itu mulai minggu depan akan sudah mulai dibangun. Untuk yang sifatnya sementara kita menggunakan gedung yang ada di laboratorium kesehatan daerah ini. Jadi di Labkesda ini ada satu gedung yang bisa kita manfaatkan sementara,” terangnya.

Terhadap gedung permanen, Harisson menyampaikan akan selesai dalam waktu 60 hari kerja.

“Untuk gedung yang benar-benar memenuhi standar itu nanti mungkin akan selesai dalam waktu 60 hari kerja,” tukasnya.


Penulis : Yapi Ramadhan/adv
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini