Robo’-Robo’, Disdikporapar Mempawah Juga Gelar Lomba Pokok Telok

Editor : Eno



Mempawah (Suara Kalbar)-Tak hanya menggelar Lomba Lagu Daerah, Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Mempawah juga menghelat Lomba Pokok Telok. 

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disdiporapar, Raja Fajar Azansyah, mengungkapkan, kegiatan yang digelar ini dimaksudkan untuk memeriahkan even budaya Robo’-Robo’ sekaligus mempromosikan pariwisata Kabupaten Mempawah. 

“Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka Lomba Pokok Telok akan dihelat secara online di akun Facebook (FB) Wonderfulmempawah,” ungkap pria yang akrab disapa Fajar ini. 

Adapun persyaratannya adalah, Lomba Pokok Telok dilaksanakan mulai 12 Oktober hingga 25 Oktober 2020 (babak penyisihan) dan final pada 27 Oktober 2020.

“Lomba bersifat perseorangan, terbuka untuk umum se-Kabupaten Mempawah. Bahan baku pembuatan pokok telok bebas,” katanya. 

Syarat lainnya adalah, bunga pokok telok yang dibuat adalah hasil karya diri sendiri dengan jumlah keseluruhan 30 batang dan kreasi bebas.

Peserta lomba meng-upload foto Pokok Telok yang sudah dibuat bersama foto peserta lomba di akun FB masing-masing peserta dengan menandai akun FB WonderfulMempawah dan memberi keterangan LOMBA POKOK TELOK Event Budaya Robo'-Robo' Tahun 2020. 

“Jangan lupa mencantumkan nama peserta, bahan yang digunakan serta memberi tema pada Pokok Telok yang dibuat,” beber Fajar seraya tersenyum. 

Finalis Lomba Pokok Telok ditentukan berdasarkan jumlah like terbanyak pada foto yang di-upload dan tidak diperbolehkan menggunakan aplikasi auto like. Jika ada yang menggunakan auto like akan didiskualifikasi. 

Foto yang di-upload akan direkapitulasi Tim WonderfulMempawah pada 25 Oktober 2020 pukul 21.00 WIB. Panitia akan mengumumkan 10 Finalis Lomba Pokok Telok pada 26 Oktober 2020.

Kemudian, para finalis akan tampil pada babak final bertempat di Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah pada Selasa, 27 Oktober 2020 pukul 08.00 WIB. 

“Finalis akan memperagakan secara langsung cara pembuatan Pokok Telok dan akan langsung dinilai juri yang akan menentukan juara 1 - 10, sekaligus akan dilaksanakan penyerahan hadiah dan tropy secara simbolis,” jelas Fajar. 

Sebagai ketentuan tambahan, Pokok Telok para finalis, akan menjadi milik Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah.

Adapun nilai hadiah pemenang Lomba Pokok Telok, terdiri atas Juara 1 mendapat hadiah uang pembinaan Rp. 2.500.000 + tropy. Juara 2 Rp. 2.000.000 + tropy. Juara 3 Rp. 1.500.000 + tropy.

Juara 4 Rp. 1.000.000 + tropy. Juara 5 Rp. 750.000 + tropy. Juara 6-10 mendapat hadiah uang pembinaan Rp. 500.000.

“Hadiah akan ditransfer melalui Rekening Bank Kalbar dengan ketentuan pajak ditanggung pemenang,” pungkas Fajar. 

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini