Rangkul Tokoh Adat, Bawaslu Kapuas Hulu Intensif Sosialisasikan Prokes Covid-19

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Mustaan

Kapuas Hulu
(Suara Kalbar) - Dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Desember 2020 mendatang, Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Mustaan mengatakan, akan lebih intensif melakukan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 

"Ada dua hal yang akan Bawaslu Kapuas Hulu bersama Panwascam dan Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PPKD) lakukan dalam mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam menghadapi Pilkada 2020 mendatang," ucap Mustaan, kepada wartawan, Rabu (7/10/2020).

Pertama pihaknya akan intensif melakukan program Randau Ruai, day by day, door to door dan person to person. 

"Kedua, kami juga akan melaksanakan program Tokoh Adat Mitra Bawaslu, dimana Bawaslu bekerjasama dengan tokoh adat, baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa untuk bersama-sama mensosialisasikan tentang upaya dalam penerapan standar protokol kesehatan Covid-19, terangnya," jelasnya.

Adapun isi deklarasi Tokoh Adat Mitra Bawaslu dalam upaya mensosialisasikan penerapan standar protokol kesehatan Covid-19 tersebut, diantaranya larangan saat pemilihan dengan diwakilkan, politisasi SARA, politik uang, netralitas ASN serta Perangkat Desa.

"Sudah beberapa kecamatan yang mendeklarasi Tokoh Adat Mitra Bawaslu, dan kemudian akan disusul oleh kecamatan lainnya, dimana isinya tentang 5 hal yang disebutkan diatas," tuturnya.

Selain itu, dijelaskannya sudah ada beberapa desa yang tokoh adatnya membuat hukum adat bagi yang melanggar protokol kesehatan Covid-19.

"Dengan larangan pemilihan yang diwakilkan, politisasi SARA, politik uang, serta netralitas ASN dan Perangkat Desa," kata Mustaan.

Bawaslu Kapuas Hulu juga menargetkan dari 282 Desa di Kapuas Hulu, paling tidak 50 persen bisa membuat hukum adat bagi pelanggar 5 hal tersebut diatas, tegasnya.

"Jadi Bawaslu Kapuas Hulu sangat masiv dalam melaksanakan standar protokol kesehatan Covid-19 dalam Pilkada serentak di Kapuas Hulu," pungkas Mustaan. 


Penulis : Okta

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini