Operasi Yustisi, Tim Gabungan Tindak 129 Pelanggar dan Imbau Penerapan 3M

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Razia penggunaan masker di Jalan PKP Mujahidin Sintang

Sintang
(Suara Kalbar) - Satuan Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang menggelar razia penggunaan masker di Jalan PKP Mujahidin. 


Pada razia yang dilakukan tim Satgas covid-19 selama kurang lebih 2 jam tersebut, menindak 129 pelanggar. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang Martin Nandung menyampaikan bahwa tim satgas yang terdiri dari berbagai unsur dibagi menjadi 2 tim yakni di depan Kantor Satpol PP dan depan galeri dekranasda.


Kedua tim berhasil menyangsi 122 orang yang terjaring dan diberi sangsi berfoto dengan tulisan "Saya berjanji akan selalu menggunakan masker saat keluar rumah".

"Razia ini dilaksanakan dalam rangka menegakan Peraturan Bupati Sintang Nomor 60 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya mencegahan dan pengendalian covid-19 di Kabupaten Sintang," kata Martin Nandung.


Dalam oprasi Yustisi ini, petugas yang diterjunkan berjumlah 35 orang yang terdiri dari Satpol PP, Kodim 1205 Sintang, Polres Sintang, BPBD, Dishub, BKPSDM, Dinas Kesehatan dan Inspektorat Kabupaten Sintang ujar  Martin Nandung.


"Yang kami razia dan ditindak  adalah yang tidak memakai masker sama sekali serta yang menggunakan masker tapi tidak benar pemakaianannya," tuturnya.


Selain merajia masker pihaknya juga  memberikan masker kepada para pengguna jalan yang tidak menggunakan masker, menyampaikan himbauan serta memberikan sanksi.  


"Pada November 2020, kami akan meningkatkan sanksi bagi warga yang didapati tidak menggunakan masker berupa sanksi sosial seperti menyapu jalan," urainya.

Sementara Sekretaris Satgas Covid-19 yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang Bernard Saragih menjelaskan bahwa razia selain untuk menegakan Peraturan Bupati Sintang Nomor 60 Tahun 2020, juga terkait dengan meningkatnya kasus konfirmasi covid-19 di Kabupaten Sintang. 


"Razia akan terus kita lakukan di tempat yang berbeda-beda. Tujuanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker saat berada di luar rumah. Saya mau mengingatkan dan mengajak masyarakat Kabupaten Sintang, untuk disiplin menggunakan masker. Mencegah penyebaran covid-19 ini menjadi tugas bersama-sama," kata Bernard Saragih.


Untuk itu dlia mengimbau kepada masyarakat kabupaten Sintang agar mematuhi Protokol kesehatan dengan memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Penulis : Tim Liputan/adv

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini