Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Jungkat Ditutup Sementara

Editor : Suhendra Yusri


Juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian

Mempawah (Suara Kalbar)- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Mempawah menutup sementara operasional Puskesmas Rawat Inap Jungkat sejak hari ini, Jumat (23/10/2020. 

Penutupan sementara itu dilakukan menyusul seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Rawat Inap Jungkat diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (22/10/2020). 

Selain itu, masih ada empat nakes lainnya yang mengalami keluhan kesehatan dan kini sedang menunggu hasil Swab Test PCR Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar. 

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian, ketika dikonfirmasi, membenarkan kabar penutupan Puskesmas Rawat Inap Jungkat tersebut. 

“Ya, ditutup mulai hari ini, Jumat, 23 Oktober hingga Selasa 27 Oktober, dalam rangka proses sterilisasi dan disinfeksi lingkungan Puskesmas Rawat Inap Jungkat,” ungkap Mukhtar. 

Penutupan dilaksanakan atas surat Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah, Jamiril, bernomor 448/4114/DISKESPPKB-D tertanggal 23 Oktober 2020. 

“Operasional puskesmas akan dibuka kembali pada Rabu 28 Oktober. Kita terlebih dahulu akan lakukan proses sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan,” kata Mukhtar lagi. 

Karenanya, tambah dia, selama penutupan ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan dialihkan ke wilayah Puskesmas terdekat, yakni Puskesmas Rawat Jalan Wajok Hulu Kecamatan Jongkat. 

Terkait seorang nakes yang terkonfirmasi positif dan empat lainnya terkontak erat yang mengalami keluhan kesehatan, Mukhtar menegaskan, kelimanya telah diinstruksikan untuk menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing. 

“Seorang nakes yang positif dan empat lagi telah menjalani isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar,” pungkas Mukhtar.

Penulis : Dian Sastra


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini