Mobil Tua Ini Harganya Tembus Rp 1 Miliar, Mesinnya Istimewa

Editor : Redaksi II

 

Mazda Cosmo. (silodrome.com)

Suara Kalbar- Salah satu mobil paling ikonik bikinan Mazda adalah Cosmo Sport Series 1 yang mana cuma dibuat sebanyak 343 unit.

Dilansir dari Silodrome ,Sabtu (10/10/2020), pabrikan mobil asal Jepang tersebut menyematkan mesin istimewa yang disebut dengan twin rotary.

Mesin tersebut mengusung teknologi yang juga kerap disebut sebagai mesin Wankel, namun terdapat dua rotor di dalamnya, membuat mobil sport satu ini bisa dibilang cukup istimewa, khususnnya di tahun 1960-an akhir.

Dengan mesin tak sampai 1.000cc (982cc), mobil ini bisa menghasilkan 109 daya kuda dengan torsi sebesar 130 Nm. Performa yang spesial di jamannya.

Mazda Cosmo. (silodrome.com)
Mazda Cosmo. (silodrome.com)

Mengenai mesin Wankel, Mazda mengembangkan mesin tersebut dengan memakan waktu hingga setidaknya enam tahun hingga akhirna mesin tersebut diproduksi secara massal.

Yang lebih spesial lagi adalah mobil tersebut merupakan buatan tangan, membuatnya cuma bisa ditelurkan sebanyak satu unit setiap harinya.

Dulunya mobil ini sejajar dengan kendaraan top asal Sepang, seperti Toyota 2000GT, Datsun 240Z serta Nissan Skyline GT-R.

Saat ini salah satu mobil tersebut masuk rumah lelang Rm Sotheby's dengan taksiran harga mulai dari 70 ribu dolar AS atau sekitar 1,027 miliar rupiah.

 

Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini