Menhub Tinjau Kalbar, Kedepan Bandara di Singkawang Akan Segera Dibangun

Editor : Suhendra Yusri
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi yang disambut Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat kunjungan kerja ke Kalbar di Bandara Supadio, Selasa (20/10/2020).

Pontianak (Suara Kalbar) – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengungkapkan Bandara Singkawang akan dibangun dan dimungkinkan pembangunan run way dari APBN, sedangkan untuk perpanjangan run way Bandara Supadio diharapkan  bisa mencapai 3 ribu meter, agar bisa digunakan untuk embarkasi haji.

Hal ini disampaikan Menhub RI Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat yang disambut Gubernur Kalbar, Sutarmidji pada Selasa (20/10/2020).

Sutarmidji mengatakan pada pembahasannya bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi yakni salah satunya tentang perpanjangan runway tahun ini belum bisa selesai dikarenakan saat ini Kalbar juga tengah berjuang melawan pandemi Covid-19.

“Ini kan perpanjangan runway tahun ini kayaknya belum bisa selesai karena Covid-19. Tambah panjangnya 350 meter jadi nanti ada 2,6 . Kita berharap kedepannya bisa 3000 meter ya sehingga pesawat berbadan lebar bisa masuk kesini dan mungkin embarkasi haji bisa disini dan lebih efisien,” ujar Sutarmidji kepada wartawan.

Dia menyampaikan bersama pak Menhub RI bahwa kedepannya Bandara di Kota Singkawang akan dibangun.

“Kemudian pak Menteri bilang Singkawang mulai dibangun juga,Bandara Singkawang. Tapi runaway nya mungkin APBN ,terminalnya apakah swasta atau APBD terserah gimana pemerintah daerah nanti kita bicarakan. Tahun depan pembangunannya kalau nggak salah dengar ya,”terangnya.

Begitu juga dengan Bandara di Sukadana, apabila pemda setempat siap pembebasan lahan maka juga bisa dibangun Bandara disana.

“Kalau Sukadana siap pembebasan lahannya, Sukadana juga akan menjadi prioritas,” jelasnya.

Selanjutnya dalam perbincangan tersebut Sutarmidji juga mengatakan bahwa Menhub  Bandara Tebelian di Sintang juga bagus karena lahan masih memungkinkan.

“Beliau tadi sudah melihat langsung kemajuan pembangunan dan sudah disampaikan kesiapan untuk membangun. Kemudian di Sintang, Bandara Tebelian bagus dikembangkan karena lahan masih memungkinkan untuk tambahan runway dan sebagainya dan ini saya bilang tadi Kapuas Raya, Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu dengan ada Tebelian bagus adanya,” katanya.

Menurutnya, misalnya Kapuas Raya terbentuk lapangan terbang sudah ada kesiapan daerah siap. Rata-rata proposal dari daerah dan tanggapan pusat bagus responnya.

Penulis   : Yapi Ramadhan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini