Mempawah Kirim 2.583 Sampel Swab, Gubernur Apresiasi Satgas Covid Daerah

Editor : Suhendra Yusri
Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian

Mempawah (Suara Kalbar)- Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian, mengungkapkan hingga 3 Oktober 2020, Mempawah telah mengirim 2.583 sampel Swab Test PCR ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar. 

“Pengambilan sampel swab dengan metode random sampling, termasuk bagi para guru dan warga sekolah. Kita berharap ini dapat menjadi data valid kita untuk memetakan potensi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mempawah,” ujar Mukhtar Siagian, Senin (5/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Mukhtar kembali mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan setiap beraktivitas di luar rumah. 

“Praktik mudahnya adalah senantiasa terapkan 3M, yakni mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” kata Mukhtar. 

Dengan disiplin protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru dan pemulihan eknonomi nasional, Mukhtar yakin angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Mempawah dapat dimininalisasi. 

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, mengapresiasi pemerintah kabupaten/ kota melalui Satgas Covid-19 yang telah memenuhi instruksinya untuk mengirimkan sampel Swab Test PCR.

Sutarmidji bahkan mengaku Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar kini malah kewalahan karena begitu banyaknya pemerintah daerah yang mengirimkan sampel Swab Test PCR. 

“Saya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah mengirim sampel Swab begitu banyak,” katanya.

Hal ini disebabkan kapasitas mesin PCR yang terbatas, Sutarmidji menambahkan, pihaknya kewalahan pemeriksaan. Karenanya, hingga sekarang 3 sampai 4 hari baru bisa diketahui hasil sampel Swab Test PCR yang dikirim daerah. 

Penulis : Dian Sastra


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini