KPU Sekadau Rekrut 4.716 KPPS Pilkada 2020

Editor : Eno


Sekadau (Suara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau mulai lakukan seleksi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Tahun 2020. Hal ini tertuang dalam pengumuman KPU nomor 266/PP.04.2-Pu/6109/KPU-Kab/X/2020.

Anggota KPU Sekadau, Gita Rantau mengatakan Rekrutmen KPPS mulai dilakukan tanggal 7 sampai dengan 13 Oktober dua ribu dua puluh dan sudah diumumkan mulai tanggal 1 oktober lalu di PPS. Sesuai aturan terbaru batas minimal umur KPPS adalah 20 Tahun dan maksimal 50 tahun.

"Mulai hari ini tanggal 7 sampai dengan 13 Oktober 2020 KPU Sekadau mulai melakukan seleksi anggota KPPS di PPS masing, silahkan bagi yang berminat dengan melengkapi syarat yang telah kita umumkan mulai tanggal 1 Oktober lalu," ujarnya, Rabu (7/10/2020).

Adapun salah satu persyaratan menjadi anggota KPPS adalah WNI, umur minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun, berdomisili diwilayah kerja PPS, bukan anggota partai politik, berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Gita menyebut jika dalam suatu daerah tidak ditemukan calon anggota KPPS yang pendidikannya tidak memenuhi syarat SMA maka dibolehkan mengambil dari Desa terdekat.

"Jika dulu syarat usia minimal KPPS adalah 17 tahun dan tidak ada batas maksimal, namun sesuai ketentuan sekarang minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun," sebutnya.

Calon KPPS wajib di rapid tes yang direncanakan mulai dilakukan pada tanggal 2 sampai dengan 13 November 2020. Jika ditemukan calon KPPS yang reaktif setelah di rapid test maka akan langsung diganti.

"Setelah ditetapkan melalui SK KPU Sekadau maka KPPS akan di rapid test, jika ditemukan ada yang reaktif akan diganti. Kita sudah informasikan seluas-luasnya kepada masyarakat," pungkasnya.

Jumlah KPPS beserta PAM keamanan sebanyak 4.716 orang di 524 TPS di Sekadau.

Penulis : Tambong Sudiyono

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini