Kisah Kedekatan Tulus Sinaga dengan Pontren Al-Mukhlishin Antibar

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhlishin, Mulyadi Afwani. Foto dokumen Al-Mukhlisin.

Mempawah
(Suara Kalbar)-Ini adalah kabar yang tak pernah terekspos media. Diam-diam, Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, ternyata sering mengunjungi Pontren Al-Mukhlishin untuk mempererat silaturahmi. 


Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhlishin, Mulyadi Afwani, kepada suarakalbar.co.id, membenarkan, sosok Tulus Sinaga sangat dekat dengan pengurus dan santri Al-Mukhlishin. 


Tapi siapa sangka, kisah kedekatan itu berawal dari hadiah air mineral dari santri Al-Mukhlishin kepada Kapolres Tulus Sinaga. 


Menurut Mulyadi, ketika itu Tulus Sinaga sedang berolahraga di GOR Opu Daeng Menambon Mempawah. Di saat yang sama, santri dan guru pembimbing Al-Mukhlishin juga tengah praktik olahraga. 


Namun para santri tidak mengetahui jika yang berolahraga di dekat mereka adalah Kapolres Tulus Sinaga. Tiba-tiba, Kapolres mengalami dehidrasi, sehingga seorang santri dengan sigap membelikan air mineral di warung, tak jauh dari GOR.


“Pak Tulus Sinaga saat kejadian itu merasa terharu dan berterima kasih kepada santri kami yang telah menghadiahkan air mineral tersebut. Tak lama kemudian, beliau pulang ke rumah dinasnya,” ungkap Mulyadi. 


Usai dari berolahraga, Tulus Sinaga rupanya ingin membalas budi. Ia pergi ke Pondok Pesantren Al-Mukhlisin dan mencari santri yang telah membelikannya air mineral. 


“Pak Kapolres lantas memberikan tali asih disertai ucapan terima kasih. Dari situ lah, kami tahu keluhuran hati dan jiwa pak Tulus Sinaga. Beliau luar biasa. Bahkan beliau juga terharu, setelah tahu bahwa salahseorang pendiri pondok kami ini adalah personel Polri,” ungkap Mulyadi. 


Sejak saat itu lah, Kapolres Tulus Sinaga sering datang ke pondok untuk bersilatuhrami, berinteraksi dengan ustadz dan santri, memberi makan ikan lele dan mengecek protokol kesehatan santri. 


Terlebih saat Pondok Pesantren Al-Mukhlishin ditunjuk sebagai Pontren Tangguh Nusantara. Kunjungan Tulus Sinaga semakin sering untuk memberikan motivasi kepada pengasuh dan santri agar mematuhi protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19. 


“Bahkan beliau juga memberikan arahan agar kami di Pontren Al-Mukhlishin memperkuat upaya ketahanan pangan di tengah pandemi ini,” kata Mulyadi Afwani lagi. 


Atas kabar kepindahan tugas Tulus Sinaga, Mulyadi Afwani mengatakan, akan merasa kehilangan sosok Kapolres yang bergaul tanpa membeda-bedakan. 


“Kami tentu akan merasa kehilangan. Kami kagum dengan sosok Pak Tulus Sinaga yang ramah, baik hati dan merupakan salahsatu pejabat yang peduli dengan Pontren Al-Mukhlishin,” ungkapnya. 


Ia lantas mendoakan supaya Tulus Sinaga akan semakin sukses di tempat tugas yang baru di Polda Sumatera Selatan. 


Seperti diberitakan suarakalbar.co.id, setahun melaksanakan tugas sebagai Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, pindah tugas ke Polda Sumatera Selatan (Sumsel). 


Tulus Sinaga kini mendapat jabatan baru sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirreskrimum).


Penggantinya adalah AKBP Fauzan Sukmawansyah, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) III Ditreskrimum Polda Kalimantan Barat. 


Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini