Ketua Bawaslu Sekadau Ajak Masyarakat Terapkan 3 Wajib Cegah Covid-19

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Ketua Bawaslu Sekadau Nur Soleh

Sekadau
(Suara Kalbar) - Kasus Covid-19 masih terus bertambah, terutama di Provinsi Kalbar. Bahkan per hari ini Senin 26 Oktober 2020 kembali bertambah 12 kasus baru. Terkait masih terus bertambahnya kasus Covid-19, Ketua Bawaslu Sekadau mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan 3 wajib.


Terutama bagi para pengawas maupun penyelenggara Pemilu di Sekadau hingga tingkat bawah sudah diingatkan tentang disiplin penerapan protokol Covid-19. Selain itu objek pengawasan lainnya seperti Paslon, tim kampanye hingga peserta kampanye wajib mematuhi protokol kesehatan, jika melanggar akan ditindak sesuai aturan yang ada.


"Bawaslu menghimbau kepada seluruh paslon, tim kampanye, masyarakat yang hadir, pengawas maupun penyelenggara Pemilu untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan," ujar Nur Soleh, Ketua Bawaslu Sekadau.


3 wajib yang dimaksud adalah yang pertama adalah menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Dengan beribadah maka rohani manusia menjadi tenang, tidak mudah panik dan terutama kepada masyarakat muslim dengan sering wudhu maka otomatis kebersihan selalu terjaga.


Wajib kedua mematuhi protokol kesehatan Covid-19, termasuk menjalankan 3M dengan selalu memakai masker jika bepergian keluar rumah, menjaga jarak minimal 1.5 meter, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan Hand Sanitizer.


Sedangkan wajib ketiga yaitu wajib meningkatkan imunitas dengan cara rutin berolah raga, istirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur-sayuran.


"Tiga kewajiban ini merupakan salah satu strategi paling ampuh mencegah penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat. Tentu syaratnya masyarakat harus mematuhi dan menjalankan ketiga kewajiban tersebut dengan baik," tegasnya.


Selain 3 tips mencegah Corona yang telah dijelaskan, masyarakat juga perlu menjaga kebersihan lingkungan dengan menyemprotkan disinfektan pada benda-benda atau permukaan yang sering dipegang seperti pintu, meja dan sebagainya.


Selain itu pastikan diri sendiri tetap waspada dengan berbagai macam gejala penyakit yang mungkin dialami, terutama gejala Covid-19 karena memantau kesehatan diri sendiri juga tak boleh luput dilakukan. 


Berdasarkan data sampai dengan hari ini Senin 26 Oktober 2020 di Kalbar terdapat 1.576 orang terkonfirmasi Covid-19, 1.296 orang dinyatakan sembuh dan 12 orang meninggal dunia. Sedangkan di Kabupaten Sekadau hingga hari ini terkonfirmasi positif 1 orang, sembuh 15 orang dan menunggu hasil 308 orang.



Penulis : Tambong Sudiyono/adv

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini