Keren! Trestle Terminal Kijing 3.374 Meter, Terpanjang di Indonesia

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Pembangunan trestle di Terminal Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, yang memiliki panjang 3.374 meter dan merupakan terpanjang di Indonesia.

Mempawah
(Suara Kalbar) - Trestle atau jembatan yang dibangun PT. Wijaya Karya Tbk (WIKA) di Terminal Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, ternyata merupakan terpanjang di Indonesia. 


Trestle adalah jembatan penghubung antara dermaga dengan area darat yang biasanya dimiliki oleh pelabuhan besar dengan dermaga yang berlokasi di tepi laut.


Menurut Direktur Operasi I WIKA, Hananto Aji, trestle di Terminal Kijing ini menjadi yang terpanjang dalam sejarah WIKA dan telah disepakati bersama owner agar tidak terlalu dekat jaraknya ke darat.


“Dengan demikian, akan diperoleh kedalaman air yang cukup agar kapal berukuran sampai 100.000 DWT bisa berlabuh, yaitu kedalaman 17 meter," ujar Hananto Aji seperti dikutip dari Kantor Berita Antara. 


Menurut Hananto Aji lagi, untuk menyesuaikan struktur dan kedalaman yang dibutuhkan, maka WIKA membangun trestle sepanjang 3.374 meter.


Struktur trestle ini terbagi atas dua bagian yaitu struktur bawah dan struktur atas. Struktur bawah terdiri atas Concrete Spun Pile (CSP) diameter 800 dan 600 milimeter, serta free standing atau tiang yang berdiri bebas di atas tanah dasar, dari 4 meter sampai dengan 17 meter.


“Sedangkan struktur atas atau deck menggunakan sistem girder simple span made continuous bentang 21,6 dan 24,6 meter,” bebernya. 


Ia menyampaikan, segala upaya dan terobosan yang dilakukan tim proyek membuahkan hasil akan selesainya trestle ini dalam waktu yang lebih cepat dari umumnya pekerjaan trestle yang dilaksanakan.


Pencapaian ini pun, tidak serta merta menjadi milik tim proyek saja, karena juga didukung oleh keterlibatan anak perusahaan, WIKA Beton pada suplai PCI Girder dan WIKA Rekayasa Konstruksi pada instalasi MEP untuk proses finishing jembatan.


Saat terpasang nanti, trestle terpanjang di Indonesia itu akan masuk dalam rangkaian milestone yang telah dicatatkan oleh WIKA. 


“Pada proyek ini, WIKA juga meraih penghargaan atas 2,9 juta jam kerja selamat,” tutupnya.


Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini