Kelitbangan Desiminasikan Seluruh Penelitian ke Masyarakat Luas

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Webinar Kelitbangan Provinsi Kalbar secara virtual

Pontianak
(Suara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta agar hasil Kelitbangan di desiminasikan ke Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta kepada masyarakat.


Menurutnya lembaga Penelitian baik yang dikelola Pemerintah maupun Non Pemerintah berperan penting memajukan peradaban dan memadukan Riset dan Penelitian sebagai salah satu industri di sektor pengetahuan.


Sehingga menguatkan Lembaga Riset sebagai modal utama membangun Industri dan memajukan pertumbuhan ekonomi. 


"Tak heran, banyak negara termasuk Indonesia mulai mengedepankan Penelitian dan Pengembangan sebagai  tombak dalam menentukan kebijakan," ungkap Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili DR. Syarif Kamaruzaman membuka webinar Kelitbangan Provinsi Kalbar secara langsung.


Syarif Kamaruzaman mengatakan meskipun kegiatan tahun ini melalui Webinar. Namun sudah menunjukkan komitmen dan kepedulian terhadap masa depan Kelitbangan didaerah. 


“Mengingat hasil penelitian dan pengembangan dapat berupa konsep, model,  rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan publik kesehatan, kesejahteraan sosial, Iptek. dan lain- lain,” ujarnya. 


Penelitian dan Pengembangan juga dapat dijadikan sebagai ujung tombak dalam menentukan kebijakan, sehingga langkah kebijakan yang diambil cepat sasaran dan  sesuai perencanaan dan riset yang matang. 


“Kita masih sangat memerlukan Kelembagaan Penelitian dan Pencanangan baik di provinsi, kabupaten maupun kementerkan dan lembaga, untuk merumuskan hal lainnya,” ujarnya.


Ditambahkannya tidak dlpungkiri keberadaan Litbang disetiap kementerian dan lambaga negara, termasuk provinsi dan kabupaton/kota. Seringkali

dipandang sebelah mata. 


"Oleh sebab Itu, dalam peningkatan kelembagaan sumber daya manusia peneliti, serta mewajibkan badan Litbang memiliki Inovasi yang menjadi masukan bagi Perencanaan Pembangunan Daerah dan Kebijakan Daerah," paparnya.


Balitbang Provinsi Kalimantan Barat meggelar Rapat Koordinasi Kelitbangan Se- Kalimantan Barat tahun 2020 secara virtual dan offline di Ruang Pontive Center Kantor Wako Pontianak, Kamis 15 Oktober 2020.


Adapun tema yang diangkat terkait “ Transformasi struktur dan fungsi Kelembagaan Litbang Paska Kehadiran RISTEK/BRIN”.



Penulis : Tim Liputan/r

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini