Ibu Muda Bawa Anak Tanpa Masker, Polisi di Jungkat Berikan Teguran Unik

Editor : Suhendra Yusri
 Personel Polsek Siantan, Polres Mempawah, Bripka Guntur, ketika menegur dengan gaya yang unik ketika seorang ibu muda dan anaknya tak mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Mempawah (Suara Kalbar)-Budaya mengenakan masker sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ternyata masih ada yang mengabaikan, sehingga perlu diberikan teguran humanis. 

Misalnya di Pasar Jungkat, terlihat seorang personel Polsek Siantan, Polres Mempawah, memberikan teguran dengan mimik dan gerak yang unik, sehingga ibu muda yang tengah membawa anaknya bermain sepeda di tepi jalan, langsung tersipu malu dan “balik kanan” untuk mengambil masker di rumahnya. 

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, ketika dikonfirmasi akan foto seorang personel Polri menegur seorang ibu muda di Jungkat, membenarkan kejadian itu. 

“Iya, itu kejadian tadi pagi di Pasar Jungkat. Nama personel kami tersebut Bripka Guntur. Ia sedang melaksanakan pengamanan ibadah Minggu di depan salahsatu gereja,” ujar Rahmad Kartono seraya tertawa. 

Menurut Rahmad Kartono, ketika tengah nge-pam ibadah Minggu, Bripka Guntur melihat seorang ibu muda yang sedang mengawasi anaknya bermain sepeda di tepi jalan. 

“Selain tidak mengenakan masker, ibu muda itu juga ditegur agar tidak membiarkan anaknya bermain sepeda di tepi jalan. Sebab resikonya sangat besar, dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Pasar Jungkat sangat padat dilewati kendaraan, jelas ini sangat rawan,” kata Rahmad.

Terkait cara menegur yang unik, Kapolsek menjelaskan, itu gaya spontan Bripka Guntur yang coba menggambarkan bahwa tanpa masker, semua virus bisa masuk melalui saluran pernafasan, termasuk Covid-19. 

"Ibu muda dan sang anak tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah. Beresiko terpapar Covid-19. Selain itu, juga banyak debu berterbangan karena kendaraan yang lewat melaju kencang,” jelas Rahmad. 

 Karenanya, ia lantas mengimbau kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Siantan agar tetap mewaspadai potensi penyebaran Covid-19. 

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Jadi kami imbau agar selalu mengenakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan,” ujar Rahmad Kartono mengingatkan. 

Penulis : Dian Sastra


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini