HUT ke - 249, Sutarmidji Beberkan Harapan dan Masukan Untuk Kota Pontianak

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Gubernur Kalbar Sutarmidji bersama Walikota Pontianak saat memperingati HUT Kota Pontianak ke-249

Pontianak
(Suara Kalbar) - Kota Pontianak pada 23 Oktober 2020 genap berusia 249 Tahun.


Banyak harapan serta ucapan dari warga Kota Pontianak, salah satunya dari Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.


"Saya ucapkan selamat atas HUT ke 249 Kota Pontianak. Yang harus dilakukan sekarang ini arahnya sudah betul yakni memperbanyak ruang publik dan saya harap Wako dan Wakil Wako fokus pada itu. Kemudian pelayanan publik itu penting," ungkap Sutarmidji.


Ada dua hal lainnya yang perlu diperhatikan dan di tingkatkan. Mantan pemimpin Kota Pontianak dua periode itu menjelaskan seperti rumah sakit Kota harusnya bagaimana punya obsesi bersaing dengan rumah sakit Soedarso dan swasta di Kota Pontianak. Karena gedungnya bagus dan kepercayaan masyarakat Kota Pontianak terhadap RSUD Kota Pontianak harus dipertahankan. Kalau kira-kira ada yang tidak pas mengaturnya jangan dipertahankan," paparnya.


Kemudian PDAM, ia berharap direktur yang baru ini bisa membawa PDAM lebih maju jangan sampai banyak keluhan dan harus banyak berinovasi. Kemudian UMKM juga harus terus dibina dan tingkatkan dengan betul secara continyu dan kota sudah punya pusat di Dekranasda.


"Harusnya UMKM dan Komunitas bisa berdiskusi disitu dan mengadakan kegiatan disitu tapi saya lihat kurang dimanfaatkan . Harusnya ada diskusi kecil untuk pengembangan UMKM dan anak muda bisa disitu dan bisa lengkapi apa yang mereka butuhkan," jelasnya.



Bang Midji juga selalu mendorong untuk kenyamanan masyarakat seperti yang ia lakukan untuk Provinsi.


"Tapi trotoar Kota Pontianak yang dibangun oleh Pemda Kota dari Tanjungsari ke Digulis sisanya oleh PU pusat dan mudah-mudahan tahun depan dilaksanakan kembali dari Pendopo ke Polda dari Gembala Baik ke Museum dan cukup panjang, semoga bisa selesai sehingga orang jogging tidak terganggu," katanya.


Terhadap fasilitas pendidikan antara negeri dan swasta harus sama karena selama ia menjadi Walikota, walau juara dari sekolah swasta Kota Pontianak, tetapi sebagai sekolah yang dikelola pemerintah ia mengaku iri jika sekolah negeri tidak sampai bisa juara.


"Untuk kepercayaan masyarakat juga terhadap kita, kalau jalan sudah dan masih bagus tinggal dijaga saluran tinggal Pak Edi memperlebar penampang jembatan Gajahmada untuk mengurangi banjir atau genangan air di sekitar Ayani," tuturnya.


Gubernur Kalbar juga menambahkan bahwa Pemprov juga sudah meminta pembuatan Trotoar saluran dari Pendopo karena terkadang banjir dan di Kantor Kejaksaan salurannya sudah tidak ada. 


"Nanti alurnya saluran tidak ke Parit Tokaya tapi ke Perdana supaya bisa terbagi dari Parit Tokaya," tukasnya.


Kemudian waterfront juga dijelaskan Sutarmidji harus dijaga dan dikembangkan dan harus ada percepatan dari Kapuas Indah ke Senghi.


"Pak Wali nanti tidak repot lagi tapi saya yakin kita bisa. Membangun di Plaza MTQ Untan bagus ruang publik dibangun hanya kalau Pak rektor bisa memindahkan kantin bisa menyatu itu bisa lebih bagus lagi," katanya lagi.


Selain itu terhadap pengembangan di kawasan Utara pendidikan di SMA akan dilihat SMKN8 menjadi SMA dan SMKN 8 akan dipindah ke Flora. 


"Saya mau minta Pak Edi mengizinkan kita membangun di Flora karena kita tidak punya lahan provinsi dan itu lahan kota tapi cukup luas sekarang 5 hektare. Kalau dipindah daerah Batu Layang ada SMA karena hanya ada SMK saja," urainya.


Iapun berharap agar Kota Pontianak terus berkembang terus berinovasi demi mensejahterakan warga Kota Pontianak dan menjadi percontohan kawasan lainnya.


"Teruslah berfikir untuk kemajuan kawasan Utara katanya mau buat rumah sakit saya ingatkan RS itu tidak gampang mengolahnya tapi bagaiamana kita membuat transportasi menuju RS yang cepat. Sementara daerah lain bisa  mencontoh seperti Sanggau juga ada Waterfront akanndibangun kedepan kita juga mau pembangunan ada di Sambas. Nanti ada wisata Kota seperti yang ada di Kota Pontianak," pungkasnya.


Penulis : Pri
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini