Peringati Hari Batik, Kadisporapar Sinergitas Wujudkan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kalbar

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Hari Batik Nasional dan Pengumuman Pemenang Lomba Souvenir Khas Kalbar di kantor Disporapar Kalbar
Pontianak (Suara Kalbar) - Perayaan nasional ditetapkannya hari batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non benda pada 2009 oleh PBB menjadi sebuah kebanggaan dan tantangan.

Bersamaan dengan hal itu, Disporapar memperingati Hari Batik sekaligus mengumumkan pemenang lomba souvenir khas Kalbar yang diikuti oleh seluruh 14 Kabupaten/Kota yang ada.

Kepala Dinas Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihastari mengatakan momen Hari Batik diperingati untuk kemajuan industri pariwisata yang ada di Kalbar dengan berkolaborasi keseluruh steakholder yang ada.

"Disporapar bersama dinas terkait terus bersinergi menjadikan destinasi wisata baru yang didukung sehingga menciptakan kreatifitas serta geliat masyarakat mewujudkan sadar wisata yang dimulai dari lingkungan terdekat," ungkapnya kepada suarakalbar usai memperingati Hari Batik Nasional dan Pengumuman Pemenang Lomba Souvenir Khas Kalbar di kantor Disporapar Kalbar, Jumat (2/10/2020).

Menurutnya beberapa manfaat dari souvenir khas Kalbar ini juga dalam upaya mendukung pengembangan wisata di Kalbar karena proses pembuatan souvenir itu sendiri menjadi destinasi wisata baru.

"Salah satunya kampung batik yang ada di Kampung Kamboja dimana motif yang dibuat menceritakan tentang budaya yang  ada di Kalbar seperti motif Enggang Gading, Kantong Semar dan lainnya motif dari batik khas Kalbar yang menjelaskan identitas Kalbar," paparnya.

Ia menambahkan manfaat yang didapat melalui souvenir batik khas Kalbar tersebut dapat dirasakan bersama jika kerjasama dengan banyak pihak juga dilakukan dengan pemangku kebijakan bersama pengrajin batik, para pemerhati budaya dan kerajinan.

"Tentu melalui Hari Batik ini, seluruh pengrajin batik pemerhati batik termasuk pemerintah terus berkolaborasi menciptakan karya demi mengembangkan ekonomi kreatif diseluruh kawasan Kalbar," pungkasnya


Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini