Gelar Rakerda Perdana, IPQAH Mempawah Susun Program Kerja

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Rakerda IPQAH di Gedung Baitul Quran yang dibuka Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi.

Mempawah
(Suara Kalbar) - Ikatan Persaudaraan Qari/Qariah Hafiz/Hafizah (IPQAH) Kabupaten Mempawah menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Gedung Baitul Quran Mempawah, Minggu (11/10/2020).

Dibuka Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi dan dihadiri Ketua Umum LPTQ Mempawah, Ismail, rakerda beragendakan penyusunan program kerja IPQAH tahun 2020-2025 dengan tema, ‘Konsolidasi organisasi dan penyusunan program kerja untuk meningkatkan peran strategis IPQAH dalam pembinaan dan pengembangan Tilawatil Quran”. 

Dalam kesempatan itu, Muhammad Pagi menegaskan komitmennya untuk mendukung berbagai program IPQAH Mempawah. Ia berharap organisasi tersebut dapat lebih bersinergi dengan LPTQ Mempawah dalam pembinaan dan pengembangan Tilawatil Quran. 

Karena IPQAH memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas qori-qoriah dan hafiz-hafizah Mempawah.

“Tentu kita berharap dengan sinergi yang terjalin antara IPQAH dan LPTQ dapat melahirkan bibit qari-qariah dan hafiz-hafizah potensial yang dapat mengharumkan nama daerah, tidak hanya mampu berprestasi di tingkat provinsi tapi juga tingkat nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Tidak lupa, Muhammad Pagi mengharapkan kepada Pengurus IPQAH Mempawah agar terus mendukung setiap kegiatan yang digelar pemerintah daerah terutama dalam kegiatan keagamaan.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat saling bersilaturahmi bersama. Saya berharap, IPQAH dapat mengambil peran dan berkontribusi mendukung berbagai kegiatan keagamaan di Kabupaten Mempawah,” katanya.

Sedangkan Ketua LPTQ Mempawah Ismail berharap pengurus IPQAH dapat melakukan inventarisir database seluruh qari-qariah/hafiz-hafizah se-Kabupaten Mempawah. Ia juga meminta IPQAH melakukan pemetaan kategori qari-qariah pemula, yang masih aktif dan para mantan qari-qariah.

“Jangan lupa, berdayakanlah para mantan qari-qariah dan hafiz-hafizah yang selama ini masih aktif memberikan pelatihan dan pembinaan di tiap-tiap kecamatan,” ujar dia.

Sekretaris IPQAH Mempawah, Junaidi, mengatakan, rakerda diikuti seluruh pengurus IPQAH Mempawah dan utusan kecamatan se-Kabupaten Mempawah. Adapun agenda rakerda adalah penyusunan program kerja IPQAH.

“Diantara rekomendasi dalam Rakerda ini adalah pembentukan pengurus IPQAH kecamatan sebagai koordinator pelatihan dan pembinaan tilawatil quran di 9 kecamatan di Kabupaten Mempawah,” jelasnya.

Rakerda IPQAH Kabupaten Mempawah Tahun 2020,  turut dihadiri Qariah Internasional, Rahmawati, dan Julina Muhammad Pagi selaku Ketua TP PKK Mempawah. Dalam kegiatan itu, Julina menyerahkan bantuan 1 set alat marawis untuk IPQAH Mempawah. 


Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini