Edukasi, Salah Satu Upaya Terapkan Prokes Cegah Covid-19

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL)  Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Sarimin Sitepu 
Sanggau (Suara Kalbar) – Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL)  Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Sarimin Sitepu mengatakan edukasi merupakan salah satu upaya wajib laksanakan protokol kesehatan di masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Berikut ini merupakan beberapa edukasi yang dapat diberikan pada komunitas yaitu dengan sering cuci tangan menggunakan sabun dan air, penggunaan hand sanitizer mengandung alkohol minimal 60%.

"Langkah tersebut dapat menjadi pilihan alternatif apabila tidak terdapat air dan sabun,” ucapnya, senin (5/10/2020).

Adapun edukasi selanjutnya adalah menerapkan etika batuk dan bersin dengan menutup hidung dan mulut dengan lengan siku atau tisu lalu membuang tisu ke tempat sampah, cuci tangan sebelum menyentuh wajah, terutama mata, hidung, mulut, menjaga jarak antarindividu minimal 1,5 meter dan menjauhi orang yang batuk atau bersin.

“Keluar rumah apabila terdapat keperluan penting. Apabila perlu keluar rumah, disarankan menggunakan masker, tidak memakai aksesoris, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer setelah menyentuh benda atau permukaan apapun, dan hindari penggunaan transportasi umum,” pesan Sarimin.

Kemudian lakukan disinfeksi pada barang atau permukaan yang sering disentuh, melakukan social distancing dan pembatasan perjalanan sebagai upaya kesehatan masyarakat.

“Berobat ke fasilitas kesehatan hanya jika diperlukan,”tutupnya.


Penulis : Darmansyah/adv
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini