DPB Periode September di KKU Meningkat 207 Pemilih

Editor : Suhendra Yusri
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Kantor KPU KKU, Kamis (8/10/2020).

Kayong Utara (Suara Kalbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Kantor KPU KKU, Kamis (8/10/2020).

Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode September mengalami peningkatan jumlah pemilih. DPB periode September meningkatkan 207 pemilih hingga  berjumlah 88.667 pemilih dengan rincian 45.532 pemilih laki-laki dan 43.135 pemilih perempuan. 

Ketua KPU Kabupaten Kayong Utara, Rudi Handoko mengatakan data yang diterima oleh KPU bersumber dari berbagai kalangan seperti instansi kepolisian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan tanggapan masyarakat.

“Dalam menyusun DPB KPU berkoordinasi dengan lembaga dan Instansi baik secara surat ataupun pertemuan langsung untuk mendapatkan data pemilih,” ujar Rudi Handoko.

Dia menjelaskan adanya penambahan potensi pemilih baru berjumlah 240 pemilih diantaranya 1 pemilih yang berasal dari pensiunan anggota Polri dan 239 pemilih baru merekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) serta pengurangan pemilih tidak memenuhi syarat berjumlah 33 diantaranya 31 pemilih meninggal dan satu pemilih pindah keluar daerah KKU yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Kayong Utara.

“Sehingga Perubahan pada DPB  September 2020 ada peningkatan jumlah sebanyak 207 Pemilih,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kayong, Yuda Pratama, mendukung upaya yang dilakukan KPU dalam pemutakhiran DPB.

Disdukcapil mewakili Pemerintah Kabupaten Kayong Utara memberikan dukungan diantaranya menyediakan data kependudukan yang dijadikan salah satu data pendukung dalam penyajian DPB di KPU Kabupaten Kayong Utara.

“Bulan depan Disdukcapil akan melakukan jemput bola terhadap data kependudukan hingga ke Kecamatan diharapkan hal ini dapat mendukung percepatan proses DPB,” kata Yuda Pratama.

Penulis   : Rilis KPU KKU / Wiwin


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini