Dosen Muda UNU Kalbar Dilatih Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Editor : Redaksi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNU Kalbar menggelar panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,

Pontianak
(Suara Kalbar)– Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNU Kalbar menggelar panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Rabu (21/10/2020). Pelatihan ini dikhususkan untuk dosen muda UNU Kalbar. 

“Tugas dosen tidak hanya mengajar saja, melainkan ada dua tugas lagi yang mesti dijalankan, yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Banyak dosen terutama dosen muda atau pemula belum paham soal ini, makanya kita gelar pelatihan,” kata Ketua LPPM UNU Kalbar, Sigit Normagiat di Aula Kampus UNU Kalbar. 

Dijelaskan alumni UGM Yogyakarta ini, setiap dosen apakah ia pemula maupun sudah senior, wajib melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap tahunnya. Pemerintah lewat Ristekdikti telah mengeluarkan panduan untuk hal tersebut. Panduan tersebut bisa diakses di internet, namun perlu dipandu agar tidak salah memahaminya.

“Lewat pelatihan ini, kita akan pandu bagi dosen muda yang belum pernah melakukan penelitian maupun PKM. Kita mulai pandu dari membuat akun di Simlitabmas sampai panduan membuat proposal penelitian dan PKM,” papar Sigit. 

Setiap dosen wajib memiliki akun Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti. Dosen yang diwajibkan adalah dosen yang sudah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Dengan NIDN itu bisa didaftarkan untuk mendapatkan akun resmi. Setelah dapat akun resmi, setiap dosen bisa mengisi aktivitas penelitian dan PKM. 

“Hal terpenting lagi adalah paham membuat proposal penelitian dan PKM agar bisa diterima oleh Ristekdikti. Apabila proposal diterima, Ristekdikti telah menyiapkan dana untuk penelitian maupun PKM. Di sini pentingnya pelatihan bagaimana cara proposal bisa diterima Ristekdikti,” ujar Sigit.

Pelatihan panduan penelitian dan PKM tersebut diikuti hampir seluruh dosen muda UNU Kalbar. Apabila ada dosen yang ingin segera melakukan penelitian dan PKM, pihak LPPM UNU Kalbar siap melakukan pendampingan. Acara tersebut dibuka oleh Rektor UNU Kalbar, Dr Rachmat Sahputra.

Penulis: Rilis

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini