Dinkes Kalbar Lakukan Pemeriksaan Swab Gratis di Pasar Tengah

Editor : Dina Prihatini Wardoyo


Pemeriksan Swab di Pasar Rakyat. Foto: Yapi Ramadhan

Pontianak (Suara Kalbar) - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bersama TNI Polri dan Satpol PP melakukan razia masker maupun pemeriksaan Swab gratis di Pasar Rakyat Tengah, Rabu (7/9/2020).

Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Feery Safariadi menuturkan ,pihaknya melakukan razia protokol kesehatan sebagai bentuk pelaksanaan dari Peraturan Gubernur nomor 110 tahun 2020.

“Hari ini seperti biasa kami melakukan razia protokol kesehatan yang dimana kami mensosialisasikan sekaligus kalau ada masyarakat yang abai maka

langsung kami lakukan tindakan Swab ditempat. Ini adalah sebagai bentuk pelaksanaan dari Pergub 110 tahun 2020,” ujarnya kepada wartawan.

Feery menjelaskan, tindakan Swab dilakukan tidak hanya kepada masyarakat yang terjaring razia masker, akan tetapi juga kepada masyarakat yang sukarela ingin memeriksakan dirinya.

“Makanya dimungkinkan saja disaat sekarang ini kalau masyarakat yang ingin tahu kondisi kesehatannya terkait dengan Covid makanya dimungkinkan. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan treacing,” terangnya.

Untuk target pemeriksaan kali ini, dirinya membeberkan akan melakukan pemeriksaan Swab sebanyak 150 sampel.

“Untuk target hari ini rencanakan kalau memang memungkinkan itu 150 sampel yang kami periksa. Kalau memang ada masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan sukarela tanpa harus dilakukan razia untuk di Swab silahkan kami buka kesempatan,” lanjutnya.

Pemeriksaan Swab ini dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya. Masyarakat hanya tinggal membawa KTP sebagai identitas pada saat pemeriksaan.

“Yang harus mereka bawa cukup membawa KTP karena disitu diperlukan untuk nanti pada saat pemeriksaan adalah nomor induk kependudukannya,”jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, untuk kesedaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan khususnya menggunakan masker masih ada yang tidak menerapkannya.

“Kalau sekarang memang masih ada beberapa masyarakat yang abai melaksanakan protokol kesehatan khususnya menggunakan masker. Tindakan ini akan terus kita lakukan supaya untuk meningatkan masyarakat supaya memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya paling efektif memutus mata rantai penyebaran Covid,” pungkasnya.

Penulis : Yapi Ramadhan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini