Di Darul Qomar Mempawah, Sejak Jam 3 Subuh Santri Dilatih Menghapal Alquran

Editor : Suhendra Yusri


Santriwati LTTQ Darul Qomar yang belajar menghapal Alquran sejak pukul 03.00 WIB.

Mempawah (Suara Kalbar) Di Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, berdiri Lembaga Tilawah dan Tahfizh Alquran (LTTQ) Darul Qomar. 

Sesuai namanya, LTTQ Darul Qomar punya misi mencetak santri yang fasih di bidang Tahfizh dan Tilawah Alquran. 

Sang pengasuh LTTQ Darul Qomar adalah Muhammad Qoiri, yang punya kapasitas latar belakang pendidikan mumpuni. Ia berhasil meraih gelar Doktor dan Magister Agama Islam. 

Muhammad Qoiri sesungguhnya merupakan menantu ulama besar Mempawah, sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qomar Desa Kuala Secapah, Saudi A. Razak. 

Jangan heran, dibawah bimbingan Saudi A. Razak, LTTQ yang diasuh Muhammad Qoiri bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat. 

Menurut Kepala Seksi Pontren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Mulyadi, program yang dilaksanakan LTTQ Darul Qomar terdiri atas tilawah, tahfizh, tafsir dan ulumul Quran. 

Program tahfizh atau menghapal Alquran dibagi menjadi dua kelas. Yakni kelas umum yang dimulai dari jam 03.00 WIB usai salat tahajud, dan kelas takhosus yang dimulai jam 08.00 WIB pagi. 

“Jadi, sejak jam 3 subuh para santri sudah dilatih untuk menghapal Alquran. Ini luar biasa,” jelas Mulyadi, Jumat (23/10/2020) siang. 

Sedangkan tilawah, dilaksanakan setiap Senin malam, Rabu, Kamis dan Sabtu. Semua program ini telah berjalan dua bulan dan sebagian santri sudah menghafal kurang lebih 2 juz. 

Mulyadi lantas berharap, semua program di LTTQ Darul Qomar berjalan lancar dan santri diberikan kemudahan dalam menghafal Alquran. 

“Dan tak kalah penting, para santri LTTQ Darul Quran bisa menjaga hafalan serta mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. 

Penulis: Dian Sastra





Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini