Dewan Pendidikan Kalbar siap Gelar Simposium Nasional Pendidikan Inklusif

Editor : Redaksi

Logo Dewan Pendidikan (int) 

Pontianak
(Suara Kalbar) - Untuk pertama kalinya Dewan Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar Simposium Nasional, persiapan sudah capai 90 persen. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua komisi PAUD dan Dikmas pada, Rabu (14/10/2020).

Kegian tersebut akan dilaksanakan besok hari Kamis 15 Oktober 2020 secara offline dan online. Mengusung tema, Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar dalam Sistem Pendidikan Inklusif untuk Meningkatkan IPM di Kalimantan Barat.

Ketua komisi PAUD dan Dikmas, Fitri D. Abbasuni, S. Tp, M. Pd menyampaikan latar belakang dilaksanakannya kegiatan tersebut karena masih belum terdiseminasinya kebijakan merdeka belajar.

"Masih belum terdiseminasinya kebijakan merdeka belajar dan konsep sistem pendidikan inklusif di Indonesia, khususnya di Kalbar yg masih rendah IPM nya," ujarnya.

Selain itu, adapun yang hendak dicapai dari kegiatan tersebut ialah percepatan implementasi kebijakan merdeka belajar dalam sistem pendidikan inklusif, dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan.

Diantaranya, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Gubernur Prov Kalbar, Rektor Untan, Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Kemendikbud, Pakar Pendidikan Inklusi UGM dan Praktisi Pendidikan Inklusi.

Fitri kembali melanjutkan, adapun peserta yang mendaftar sudah mencapai 200 orang lebih.

"Hingga saat ini, peserta yang sudah mendaftar secara online lebih dari 200 orang, sedangkan secara offline, dari Stakeholder Pendidikan Prov Kalbar," lanjutnya.

Kemudian, Adapun target yang hendak dicapai dari kegiatan tersebut ialah terpetakannya kendala dan strategi implementasi kebijakan merdeka.

"Belajar secara inklusif, serta agar Kalbar memiliki pusat studi dan pengembangan pendidikan inklusif yang mendukung percepatan peningkatan IPM Kalbar," ungkapnya.

Ketua komisi PAUD dan Dikmas tersebut juga berharap, semoga semua pihak terkait diberikan kesehatan.

"Harapannya, semoga pihak terkait diberikan kesehatan, dimudahkan dan dilancarkan segala upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM kita," pungkasnya.

Penulis: Rilis

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini