Dalam Semalam, Dua Kasus Pencurian Diungkap Polsek Siantan

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Kapolsek Siantan, Polres Mempawah, Iptu Rahmad Kartono (kiri) bersama dua pelaku curat yang berhasil dibekuk dalam semalam dengan kasus, modus dan TKP yang berbeda.

Mempawah
(Suara Kalbar)-Tim Reskrim Polsek Siantan, Polres Mempawah, membekuk dua pelaku pencurian yakni pelaku curat dan curbis, Rabu (14/10/2020). 


Hebatnya, kedua maling ini dibekuk dengan dua kasus yang berbeda dan TKP yang berbeda pula dalam waktu semalam. 


Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, menjelaskan, pengungkapan dua kasus curat ini diawali dengan penangkapan terhadap YE alias Alau, warga Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat. 


Menurut Kapolsek, keberadaan Alau telah cukup lama diburu polisi karena melakukan pencurian pada 11 Juni 2020, pukul 11.00 WIB, di sebuah kompleks  Pergudangan Km. 15,5, RT.002/RW.013 Desa Wajok Hilir. 


Dalam aksinya ketika itu, Alau berhasil membawa kabur enam buah spring bed, satu unit AC dan satu unit mesin air. 


“Begitu dilaporkan korban ke Polsek Siantan, kami langsung melakukan penyelidikan. Terungkap lah nama YE alias Alau sebagai pelaku. Saat hendak kami tangkap, Alau sudah menghilang sehingga menjadi buruan kami,” kata Kapolsek. 


Sepandai-pandainya tupai melompat, toh akhirnya jatuh juga. Begitu lah dengan Alau. Pada Rabu (14/10/2020) sore, jejaknya terendus polisi. Ia diketahui sedang berada di Sungai Pandan, Desa Wajok Hulu. 


“Maka saya dan bersama Unit Reskrim Polsek Siantan bergerak cepat. Di sebuah rumah di Sungai Pandan, Desa Wajok Hulu, Alau berhasil kami bekuk tanpa perlawanan,” tegas Kapolsek. 


Dalam pemeriksaan awal, Alau mengakui semua perbuatannya. Ia pun lantas menunjukkan tempat ia menyembunyikan barang hasil kejahatannya sejak Juni lalu itu. 


“Barang bukti AC, spring bed dan mesin air turut berhasil kami amankan malam itu juga. Alau langsung kami giring ke Mapolsek Siantan untuk proses hukum lebih lanjut,” ungkap Rahmad Kartono lagi. 


Baru saja Unit Reskrim Polsek Siantan tiba di Mapolsek usai menangkap Alau, tiba-tiba jejak seorang pelaku pencurian lain pun berhasil didapatkan. 


Kali ini, dengan TKP dan kasus yang berbeda. Yakni, tindak pencurian laptop merek Asus di Warung Nasi Laris Manis, Jalan Raya Jungkat, pada Senin (9/9/2020) pukul 13.00 WIB. 


Pelakunya adalah DA alias Codet. Saat kejadian, Codet membawa kabur laptop yang berada di meja kasir ketika pemilik Warung Nasi Laris Manis sedang memutar musik. 


“Laptop tersebut digunakan korban untuk memutar lagu. Saat lengah, Codet yang berpura-pura membeli nasi, berhasil membawanya kabur,” kata Kapolsek. 


Ketika korban melapor, Codet keburu melarikan diri sehingga tak berhasil ditangkap. Ia pun langsung diburu petugas. 


“Tadi malam, setelah sampai di Mapolsek dan mempersiapkan proses pemeriksaan Alau, tiba-tiba kami mendapatkan informasi keberadaan Codet. Akhirnya, saya bersama Unit Reskrim kembali bergerak untuk menangkap Codet,” bebernya. 


Di sebuah rumah di Desa Wajok Hilir, Codet dikepung petugas. Tak bisa mengelak lagi, ia pun sukses dibekuk dan dibawa ke Mapolsek Siantan. 


Atas keberhasilan pengungkapan dua kasus curat yang berbeda dalam semalam ini, Rahmad Kartono mengucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat yang memberikan informasi ke Mapolsek Siantan.


“Kedua pelaku kini telah menjalani pemeriksaan. Dan kasus ini akan terus kami kembangkan untuk mengungkap kemungkinan ada tersangka lainnya,” tutup Rahmad Kartono. 


Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini