Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Gakum Sanggau Lakukan Operasi Gabungan ke Pengunjung warkop

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Tim Gakum Sanggau Lakukan Operasi Gabungan

Sanggau
(Suara Kalbar) - Tim Penegak Hukum (Gakum) Peraturan Bupati Nomor 47 Tahun 2020, kembali  melakukan Operasi Gabungan terhadap Perorangan di Sejumlah warkop dan cafe di kota Sanggau, Sabtu (18/10/2020) malam.

Ketua Tim 1  Gakum Sanggau Sumarda’i menyampaikan operasi ini sebagai upaya pencegahan guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sanggau dan mengajak bersama masyarakat Sanggau untuk mematuhi Protokol Kesehatan,  dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tanggan sebeum dan sesudah melakukan aktifitas.

“Pada malam ini kami dari tim langsung melakukan rapid test kepada pelanggar yang berada di cafe dan warkop,”kata Sumarda’i.

Dikatakannya karena mengingat cukup signifikannya peningkatan yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Sanggau, maka tim Gakum berupaya bersama-sama melakukan langkah-langkah agar masyarakat dikota Sanggau bisa lebih meningkatkan kewaspadaannya terdap bahaya wabah ini.

“makanya kami dari tim Gakum disamping juga melaksanakan pendisiplinan terhadap masyarakat ataupun terhadap para pengunjung dan pemilik usah untuk meminimalisir claster ditempat usaha makanya tim ini bersama dengan tenaga medis dari Puskesmas Kapuas langsung melakukan rapid test,”katanya.

Diaharpakan kedepannya dengan langkah ini menjadi perhatian bagi yang lain betul –betul bisa menerapkan protokol kesehatan.

“Dan untuk yang kalau ada ditemukan hasilnya reaktif maka akan dilanjutkan swab di puskesmas,”ucap Sumarda’i.

Seementara itu tenaga medis yang juga kepala Puskesmas Kapuas Basilinus yang ikut turun langsung dalam operasi tersebut mengatakan  dari sampel yang diambil dalam kegiatan penjaringan malam ini dengan total 30 sampel.

“Dari 30 sampel yang kita ambil hasil akhirnya non reaktif, kalaupun nanti dalam kegiatan ini selanjutnya ada yang reaktif maka akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab PCR. Kegiatan malam ini kita lakukan untuk penjaringan tahap awal untuk pemeriksaan selanjutnya,”ujar Basilinus.

 Perbup Nomor 47 Tahun 2020 tersebut berisikan tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) di Kabupaten Sanggau.


Penulis : Darmansyah/adv

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini