Bupati Hadiri Pentahbisan Tiga Diakon Di Keuskupan Sanggau

Editor : Suhendra Yusri
Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencuccini memimpin misa pentahbisan tiga diakon, Fr Vicentius Meji, Fr Hiasintus Eko Pompang dan Fr Basianus Clinton di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau, Rabu (7/10/2020).

Sanggau (Suara Kalbar) - Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Yulius Mencuccini memimpin misa pentahbisan tiga diakon, Fr Vincentius Meji, Fr Hiasintus Eko Pompang, dan Fr Basianus Clinton di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau, Rabu (7/10/2020).

Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencuccini CP mengatakan bahwa panggilan menjadi Diakon adalah suatu rahasia yang tak terselami oleh pikiran manusia. 

“Itu karena Tuhanlah yang memilih seseorang menjadi Diakon dan bukan atas kemauannya sendiri dengan mengandalkan kemampuan dan kepandaiannya,” katanya.

Menurutnya, tugas Diakon antara lain adalah mewartakan Injil, meyakinkan orang menjadi umat Allah dengan melakukan pembaptisan serta memimpin berbagai upacara liturgi. 

"Diakon adalah pelayan sabda, pelayan altar dan pelaku karya amal kasih. Nah, itulah pelayanan khusus dari seorang Diakon,"katanya.

Selibat dihayati dan hidup rohani dijalani, semua itu akan membuat persatuan yang mesra dan mendalam dengan Kristus. 

"Kalian harus dapat mengasihi Kristus lebih dari yang lain dan kasih itu harus nampak lebih dahulu dalam kehidupan anda dan akan muncul dengan sendirinya dalam pewartaan," jelasnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan proficiat kepada ketiga Diakon yang sudah ditahbiskan oleh Uskup Sanggau.

Ia berharap agar ketiga Diakon tersebut setia dalam panggilannya, Sehingga nantinya dapat ditahbiskan menjadi imam atau pastor. 

"Kepada yang hadir agar saling mendoakan putra putrinya sehingga anak-anaknya suatu saat nanti ada yang terpanggil menjadi pelayan iman. Selaku pihak pemerintah daerah  mendukung sekali terhadap pertumbuhan iman di setiap agama yang ada di Kabupaten Sanggau, sehingga terwujudnya keharmonisan antar umat beragama dan terjalinnya persaudaraan antara satu sama lainnya,"ujarnya.

Minister Provinsial Kapusin Pontianak, Pastor Hermanus Mayong, OFM Cap dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta mendoakan sehingga terlaksananya acara pentahbisan Diakon.

"Tentu jika mereka Diakon yang baik pastilah mereka terus mendoakan orang tua mereka,"katanya.

Jika mengalami kesulitan dalam hidup dan pelayanan, kata Pastor Hermanus Mayong, maka ingatlah apa yang dikatakan orang bijak, bukan kesulitan yang membuat orang takut tetapi ketakutan yang membuat orang sulit.

"Maka jangan pernah mencoba untuk menyerah tetapi jangan pernah menyerah untuk mencoba. Jangan takut katakan kepada Tuhan kalau kita punya masalah dan katakan kepada masalah kalau kita punya Tuhan sumber segalanya,"jelasnya. 

Misa Tahbisan Diakon dan Perayaan Ekaristi berlangsung khidmat terlebih dalam acara tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 serta dihadiri Vikjen Keuskupan Sanggau Pastor Riadi, Pastor Paroki Katedral Albert Yance.

Para Pastor undangan, para suster, Frater, Bruder, Bupati Sanggau Paolus Hadi beserta istri, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot beserta istri, beberapa kepala OPD, beberapa Anggota DPRD, DPP Katedral, WKRI, beberapa Ketua Kring, OMK dan tamu undangan lainnya.

Penulis  : Darmansyah/ R


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini