Bukti Keseriusan Tangani Covid-19, Sutarmidji Pesan 4 Alat PCR

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji
Pontianak (Suara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menuturkan kinerja mesin PCR Test (Polymerase Chain Reaction) 
yang saat ini dimiliki agak lambat.

Sehingga ia kini memesan 4 buah alat PCR sebagai bukti keseriusan menangani Covid-19 di Kalbar.

Sutarmidji mengatakan, akhir-akhir ini kinerja mesin PCR sedikit
lambat dikarenakan kemampuannya dalam memeriksa sampel Swab memiliki keterbatasan.

“Saya mohon maaf kalau hasil Lab kita agak lambat, karena hitungan kita kalau satu daerah kirim 200 maka satu minggu ada 2.800 . Nah kemampuan kita 4.000 seminggu sehingga yang 1.200 itu bisa kita gunakan yang dirumah sakit dan treacing,” jelasnya saat ditemui di Kantor Gubernur, Selasa (6/10/2020).

Kedepannya, Sutarmidji mengharapkan agar setiap daerah mengirimkan sampel Swab Dinas Kesehatan Provinsi sesuai dengan kuotanya yakni 200 sampel Swab per minggu.

“Saya juga berterimakasih kepada beberapa Kabupaten yang sudah mengirim Swab lebih dari yang kita tentukan. Sehingga kedepannya saya berharap kirim sesuai dengan kuota 200,” pintanya.

Orang nomor satu di kalbar ini membeberkan akan membeli empat buah alat PCR yang kedepannya akan mempermudah menangani pemeriksaan sampel Swab dan ini merupakan bukti keseriusan Pemprov terhadap penanganan Covid-19 di Kalbar.

“Kita harus tambah alat. Kita sedang pesan 4 . Saya mau tawarkan kepada Kabupaten yang punya tenaga dan lab tapi alatnya ngga ada nanti kita akan bantu. Idealnya semua kabupaten kota harus ada sehingga provinsi nggak perlu melakukan,” ungkapnya.


Dirinya menuturkan, ke empat buah alat PCR tersebut akan sampai tersedia di Kalbar akhir Oktober mendatang.

“Untuk 4 alat PCR itu akhir Oktober. Diletakkan di Labkes dan kemudian saya masih lihat daerah yang membutuhkan,” terangnya.


Penulis : Yapi Ramadhan/adv
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini