Bayi Dalam Kardus di Segedong Kini Dirawat Dinas Sosial Kalbar

Editor : Suhendra Yusri

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda Marganda Purba, menyerahkan perawatan bayi yang ditemukan di Segedong ke LKIA Pontianak, Kamis (22/10/2020)

Mempawah (Suara Kalbar)- Bayi cantik berjenis kelamin perempuan yang ditemukan dalam kardus di Desa Peniti Dalam I, Kecamatan Segedong, kini perawatannya telah dititipkan ke Dinas Sosial Provinsi Kalbar. 

Kepala Bidang Sosial Dinas SPPPAPMPD Kabupaten Mempawah, Heru Agung YA, ketika dihubungi suarakalbar.co.id, membenarkan kabar itu. 

Menurutnya, atas rekomendasi Dinas Sosial PPPAPMPD Kabupaten Mempawah, bayi tersebut diserahkan Kapolsek Segedong, Ipda Didik Darman Putra, kepada Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (22/10/2020). 

Setelah melewati serangkaian proses administrasi, maka perawatan bayi dilimpahkan Dinas Sosial Provinsi Kalbar ke Lembaga Kesejahteraan Ibu dan Anak (LKIA) Pontianak. 

“Yang menyerahkan ke LKIA Pontianak dilakukan langsung oleh Bapak Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda Marganda Purba,” ungkap Heru. 

Penyerahan perawatan ke LKIA tersebut, tambahnya, sebagai wujud negara hadir untuk melindungi hak anak-anak telantar. 

“Jadi yang merawat bayi tersebut adalah Dinas Sosial Provinsi Kalbar. Nah, selama proses adopsi, akan diasuhtitipkan ke LKIA sambil menunggu proses hukum,” jelas Heru lagi. 

Asuhtitip bayi ini, ditegaskan Heru, merupakan prosedur tetap dalam penanganan anak-anak terlantar, sambil menunggu proses orangtua anak ditemukan. 

“Namun jika orangtuanya tetap tak ditemukan, dan ada pihak lain yang menginginkan untuk melakukan adopsi, harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Kementerian Sosial RI,” tegas Heru. 

Adapun ketentuan adopsi telah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 110/HUK/2009 tentang persyaratan pengangkatan anak. 

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini