Babinsa dan Warga Peniti Besar Normalisasi Parit Sepanjang 1 KM

Editor : Suhendra Yusri
Babinsa Desa Peniti Besar, Sertu Muhidin, bersama warga Dusun Parit Lurah, membersihkan parit sebagai upaya pencegahan banjir.

Mempawah (Suara Kalbar)-Personel TNI dan warga Dusun Parit Lurah, Desa Peniti Besar, Kecamatan Segedong, bergotong-royong menormalisasi parit agar saluran air menjadi lancar kembali, Minggu (11/10/2020) pagi. 

Danramil 1201-01 Jungkat-Segedong, Kapten Arm Buntoro Nugroho, mengatakan, saluran air yang dinormalisasi itu sepanjang 1 Kilometer, sebagai bentuk pencegahan meluapnya air jika entitas hujan tinggi di kawasan itu. 

“Dalam kerja bakti ini, personel TNI, yakni Babinsa Desa Peniti Besar, Sertu Muhidin, turun ke air bersama masyarakat Dusun Parit Lurah untuk membersihkan rumput dan gulma,” ungkap Danramil lagi.

Kerja bakti ini dilaksanakan atas aspirasi masyarakat yang melihat saluran parit di dusun itu telah dipenuhi rumput, gulma dan sampah, sehingga bisa membuat aliran air menjadi tidak lancar. 

“Jika air tak lancar, maka bisa berpotensi menjadi penyebab meluapnya air sehingga menggenangi pemukiman warga saat hujan turun dengan lebat di waktu yang lama,” kata Buntoro Nugroho. 

Karenanya, Kepala Dusun Parit Lurah, Hermansyah, bersama Babinsa lantas menggelar rapat kecil untuk mengajak warga turun membersihkan parit di dusun tersebut. Disepakati, kerja bakti digelar pada Sabtu hari ini. 

Sementara itu, kepala dusun, Hermansyah, menjelaskan, kerja bakti dimulai pukul 06.30 WIB, puluhan warga dan Babinsa Sertu Muhidin pun membersihkan parit dengan peralatan arit, parang dan cangkul. 

“Alhamdulillah, kegiatan berakhir pukul 11.00 WIB, parit sudah tampak bersih. Atas partisipasi warga dan Babinsa Desa Peniti Besar, kami selaku Kepala Dusun Parit Lurah mengucapkan terima kasih,” imbuh Hermansyah. 

Penulis : Dian Sastra


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini