Aquascape Booming, Jadi Kegemaran Masyarakat Saat Ini

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Salah satu model aquascape 

Pontianak
(Suara Kalbar) - Aquascape merupakan salah satu seni mendekorasi pemandangan dalam akuarium ikan, uniknya dalam aquascape ini tak hanya sekedar meletakkan tanaman-tanaman bawah air, batuan atau kayu-kayuan, bahkan gedung – gedung atau jalan raya juga di sulap dalam sebuah aquarium seolah kota yang tenggelam.  


Tetapi bukan lah hal yang mudah dalam pembuatan karya seni tersebut menuntut estetika seni, ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Bahkan untuk membuat satu buah aquascape perlu memakan waktu 2 hingga 3 hari tergantung dari tema yang diinginkan. 


Muhammad Qadafi Khairuzzaman, salah satu pembuat aquascape yang ada di Kota Pontianak tepatnya di jalan Husein Hamzah, menjelaskan bahwa ia memulai pengenalan aquascape sendiri terhitung pertengahan 2019 lalu.


Qadafi juga menjelasakan bahwa sebelum dirinya memproduksi aquascape tersebut,  dirinya banyak belajar dari para master yang sudah lebih ahli dalam pembuatan aquascape tersebut, selain belajar dari para master dirinya juga belajar dari media sosial seperti melihat di youtube belajar untuk model-model tema yang masuk dalam kategori aquascape.


"Untuk bahan-bahan yang diperlukan tergantung dari tema atau ukuran aquarium yang dimiliki oleh para konsumen, namun saya membuat tidak bisa 100 persen mirip karna ini bergantung dengan alam namun saya usahakan mirip dengan kemauan pelanggan,” tuturnya kepada suarakalbar.co.id , Senin (12/10/2020).



Qadafi menerangkan,bahwa untuk media yang diperlukan untuk alas bawah pembuatan aquascape senidiri ialah yang terutama bakteri starter,pupuk,tanaman air,  akar,dan pasir malang.Tergantung dari tema yang diinginkan.


"Untuk saat ini tema yang paling dominan untuk konsumen yang memesan kepada saya yaitu tema iwagumi bonsai,dikarenakan untuk para pemula proses perawatannya tidaklah sulit dan harganya pun tidak terlalu mahal tergantung ukuran aquarium yang diminta oleh konsumen," terangnya.


Walaupun masih terhitung baru dalam menekuni bidang aquascape, peminat kreasinya cukup banyak.Untuk penjualan hasil karya nya pun dibandrol dari harga 200 hingga 950 Ribu.


Dirinya memiliki moto tidak ingin menjual tinggi hasil karya nya karna dia ingin banyak orang memiliki aquascape walaupun tanpa merogoh kocek begitu dalam.



Untuk perawatanya sendiri bagi para pemula, Qadafi berpesan agar air aquascape dapat diganti dua kali dalam seminggu. Jangan memasukan makanan berlebihan karna dapat menimbulkan alga, selain itu cahaya lampu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan jangan terlalu sering di hidupkan.


“Sinar lampu membuat daun tanaman menguning ,sehingga bisa merusak tanaman tersebut.Tanaman juga harus di semprot dengan cairan khusus seminggu dua kali sudah cukup “ pungkasnya.


Penulis : Yapi Ramadhan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini