ABPD 2021, Petugas Kebersihan Mempawah Minta Honor Dinaikkan

Editor : Suhendra Yusri


Hamidi, Koordinator Lapangan Petugas Kebersihan Mempawah.

Mempawah (Suara Kalbar)- Pemerintah Kabupaten Mempawah dan DPRD kini tengah membahas RAPBD Tahun Anggaran 2021. Ratusan petugas kebersihan pun berharap, tahun depan honorarium mereka dapat dinaikkan. 

Koordinator Lapangan Petugas Kebersihan Mempawah, Hamidi MS, mengatakan, idealnya jumlah honorarium “pasukan kuning” adalah berkisar di angka Rp 1,2 juta – Rp 1,5 juta per bulan. 

“Sekarang ini, Pemkab Mempawah baru bisa memenuhi honor kami Rp 900 ribu per bulan, belum dipotong iuran BPJS. Jadi kami biasanya membawa pulang sekitar Rp 850 ribu saja,” kata pria yang akrab disapa Bujang ini. 

Terkait APBD Kabupaten Mempawah tahun 2021 yang tengah dibahas, Bujang mengusulkan agar honorarium petugas kebersihan dapat dinaikkan oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah. 

Adanya kenaikan honor tentu bisa sedikit mengangkat perekonomian para petugas kebersihan di Kabupaten Mempawah. Juga meringankan beban kehidupan sehari-hari, mengingat mereka rata-rata sudah berkeluarga. 

“Ditambah lagi situasi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir hingga sekarang, honorarium Rp 900 ribu yang ada sekarang terasa menyulitkan. Kami mohon aspirasi kami ini ditindaklanjuti,” katanya. 

Dalam melaksanakan tugas, tim kebersihan yang melayani wilayah dalam kota, biasanya turun dari rumah jam 4.30 WIB atau seusai shalat subuh. Mereka berkeliling mengangkut sampah di pusat keramaian warga, misalmya pasar dan fasilitas umum lainnya. 

Kemudian, menyasar ke bak-bak sampah yang berada di tepi jalan maupun pusat pemukiman warga. Rutinitas ini berlangsung hingga pukul 09.00 WIB. 

Lalu pada pukul 13.00-17.00 WIB, kerja berlanjut dengan perapian kota, membersihkan selokan, trotoar dan lain sebagainya. 

“Petugas kebersihan menurut saya juga sudah bekerja profesional. Meski situasi pandemi, kami tetap turun bekerja. Karena itu lah, sekali lagi kami mohon agar honorarium kawan-kawan petugas kebersihan dapat dinaikkan,” imbuh Bujang. 

Dalam kesempatan itu pula, Bujang menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Mempawah, Erlina, yang selalu menghadiahkan makanan berupa nasi bungkus kepada petugas kebersihan, setiap Jumat pagi.

Hadiah nasi bungkus itu membuat petugas kebersihan di Mempawah terhibur dan merasa sangat dihargai sang bupati. 

“Setiap Jumat, kami diberitahu agar mengambil makanan tersebut di rumah dinas, lantas kami makan beramai-ramai untuk mengganjal perut usai bekerja. Semoga Allah Taala membalas kebaikan ibu bupati. Amiin!” tutupnya. 

Penulis : Dian Sastra


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini