27 Pekerja Migran Indonesia Bermasalah Dipulangkan dari Negeri Jiran

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
27 PMI yang bermasalah dari Malaysia saat tiba di Dinas Sosial Provinsi Kalbar
Pontianak (Suara Kalbar) - Sebanyak 27 Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah dideportasi dari Malaysia tiba di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat hari Kamis (1/10/2020) pukul 00.30 Wib.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda M Purba menuturkan Dinsos Kalbar menerima sebanyak 27 PMI yang bermasalah dari Malaysia.

“Tanggal 1 Oktober sekiranya pukul 00.30 Wib,bertempat di Dinas Sosial Provinsi Kalbar telah diterima sebanyak 27 PMI yakni PMI yang di deportasi sebanyak 25 orang dan repatriasi sebanyak 2 orang,” jelasnya kepada wartawan, Jum’at (2/10/2020).

Adapun untuk asal PMI tersebut, Golda menyampaikan PMI yang berasal dari Kalbar berjumlah 12 orang dan PMI yang berasal dari luar wilayah sebanyak 15 orang.

“PMI dari Kalbar 12 orang yakni dari Kubu Raya ada 1 orang, Pontianak 1 orang dan Sambas 10  orang. Sedangkan PMI dari luar Kalbar ada 15 orang yakni dari Sulsel ada 4 orang, Jatim 5 orang, Sulbar 1 orang ,NTT 4 orang dan Sumut 1 orang. Ke 27 orang ini terdiri dari pria sebanyak 20 orang dan wanita sebanyak 7 orang,” ungkapnya.

Ke 27 PMI tersebut sudah menjalani Swab Test di Imigrasen Bekenu dan Semuja Kuching dengan hasilnya negatif Covid-19. Dipintu masuk PLBN Entikong, seluruh PMI menjalani Rapid Test dengan hasil non reaktif.

“Sesampainya di Dinsos seluruh PMI menjalani pemeriksaan dari tim Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar . Dimana ditemukan satu orang PMI atas nama Yanto dari Jatim sakit TB,” terangnya.

Untuk rencana pemulangan PMI yang berasal dari Kalbar, Golda mengatakan akan dipulangkan besok pagi ke Kabupaten atau Kota asal daerahnya masing-masing. Sedangkan PMI yang berasal dari luar wilayah Kalbar tetap ditampung di shelter Dinsos Provinsi Kalbar dengan pemulangan yang secara bertahap.


Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini