Viral! Dua Pemancing Dapat 'Semar Mesem' di Sungai Mempawah

Editor : Redaksi II

 Semer Mesem yang terbungkus kain kuning ditemukan di Sungai Mempawah oleh dua pemuda yang tengah memancing ikan.

Mempawah
(Suara Kalbar)-Warga Mempawah dihebohkan dengan penemuan sebilah logam seperti “Semar Mesem” di dalam bungkusan kain kuning oleh dua pemuda yang tengah memancing udang di Sungai Mempawah, Minggu (27/9/2020) pagi. 

Menariknya adalah, sebelum “Semar Mesem” berhasil diangkat di daratan, barang yang diduga berasal dari alam gaib ini, sempat melakukan perlawanan di dalam air, sehingga membelit dua tali pancing menjadi tersimpul. 

Semar Mesem adalah suatu benda berbahan logam atau kuningan yang mirip seperti keris, namun berbadan lebar dan nyaris bulat. Di kalangan masyarakat Jawa kuno, “Semer Mesem” dipercaya bisa meningkatkan aura keberuntungan dan juga ajian pengasihan.

Dua pemancing yang meraih “Semer Mesem” ini adalah Mulyadi (41) dan Muhammad Zaldi (24), warga BTN Nusa Permai Blok D.13, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. 

Ditemui sore tadi, Mulyadi dan Zaldi menuturkan, penemuan Semar Mesem itu berawal ketika keduanya duduk memancing udang di Taman Bestari Mempawah, persis di barau tepian jalan sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat tarikan pertama dan kedua, Mulyadi berhasil meraih dua ekor udang. Namun saat pancing dilempar untuk kali ketiga, tak lama ada tarikan cukup kuat. Ia mengira itu adalah seekor ikan karena tarikan cukup berbeda jika udang yang memakan umpan. 

“Begitu pancing saya tarik, terjadi perlawanan di dalam air. Saya yakin ini ikan. Tali terus bergerak dan akhirnya membelit tali pancing Zaldi yang duduknya di sebelah saya. Tali pancing kami kemudian saling tersimpul,” kata Mulyadi. 

Saat Mulyadi dan Zaldi menarik tali pancing, ternyata bukan ikan yang didapat. Tapi sebungkus kain kuning. Kontan keduanya terkejut dan terus menariknya ke daratan, karena penasaran dengan benda yang melakukan perlawanan air itu. 

“Saat saya buka, ternyata isinya seperti sebilah keris. Ada pemancing lain yang berada di tak jauh dari kami, lantas datang mendekat. Pemancing asal pulau Jawa itu mengatakan bahwa yang kami dapat bukan lah keris, tapi “Semar Mesem”,” ujar Mulyadi. 

Penemuan aneh ini lantas Mulyadi posting di media sosial Facebook. Tak lama, postingannya viral sehingga menarik perhatian warga Mempawah.

“Ada yang percaya, ada yang tidak. Tapi itu tak masalah bagi kami. Sebab, memang seperti itu lah faktanya dan kami tak mengada-ada. Ada banyak saksi yang melihat kejadian ini. Bahkan, ada netizen dari Pulau Jawa juga mengungkapkan bahwa itu memang “Semer Mesem”,” tutup Mulyadi. 

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini