Viral di Jakarta, Bakwan Juwarak Pontianak Kuliner Kebanggaan Masyarakat

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Bakwan Juwarak Khas Pontianak yang Viral di Jakarta
Pontianak (Suara Kalbar) - Beberapa kuliner di Kota berjuluk Khatulistiwa seperti kwetiau, pisang goreng bahkan beberapa kudapan seperti keladi dan panganan khas lainnya sudah banyak merambah di kota lain termasuk di ibukota.

Bahkan, makanan jenis bakwan khas Kota
Pontianak saat ini telah terkenal tidak saja bagi masyarakat di Kalimantan Barat melainkan telah merambah ke Kota Jakarta.

Bakwan Juwarak menjadi satu diantara kuliner yang cukup terkenal di Jakarta sebagai jajanan asal Pontianak. Makanan berbahan dasar tepung dan aneka sayuran ini, sangat familiar dengan lidah orang Indonesia.

Bakwan Pontianak mempunyai bentuk dan rasa yang khas karena beberapa bahan bakunya juga berasal dari Pontianak.

Di Ibukota Jakarta sendiri, bakwan khas Pontianak diproduksi oleh Bakwan Juwarak milik warga asal Pontianak Wijy Wijaya. Setahun terakhir, bakwan Pontianak buatan Bakwan Juwarak mulai dikenal di Jakarta.

Karena terkenal dan viral bahkan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi dengan adanya warga asal Pontianak yang berhasil mengangkat kuliner khas Pontianak di Ibukota.

Diketahui bahwa Bakwan Juwarak sudah masuk dalam Top 14 Digitarasa. Digitarasa merupakan sebuah akselerator bisnis kuliner yang bertujuan mendorong pertumbuhan para pelaku usaha dan startup makanan dan minuman serta ekosistem kuliner di Indonesia. "Suatu kebanggaan bagi Kota Pontianak karena kuliner kita sudah merambah hingga ke ibukota Jakarta," ujarnya, Sabtu (5/9/2020).

Menurutnya kehadiran Bakwan Juwarak asal Kota Pontianak ini secara tidak langsung juga ikut mempromosikan Kota Pontianak sebagai destinasi wisata kuliner.
"Tidak hanya Bakwan Juwarak, tetapi kuliner-kuliner lainnya juga bisa mengikuti jejak kesuksesan yang dilakukan Wijy Wijaya. Sehingga Pontianak dikenal dengan kekayaan kulinernya dan ini akan menarik minat orang untuk berkunjung ke Pontianak," paparnya.

Yang menjadikan Bakwan Juwarak beda, panganan khas inipun dikemas tanpa menggunakan plastik, tetapi besek sebagai wadahnya.

Hal ini tentu saja mendapat sambutan positif dari Wali Kota Edi Kamtono. Sebab, kata dia, dengan mengurangi penggunaan plastik berarti ikut mendukung program pengurangan sampah plastik sebagai sumber penghasil sampah. "Mudah-mudahan ini bisa menyadarkan masyarakat untuk berusaha mengurangi dampak dari penggunaan sampah kantong plastik," jelasnya.

Founder Bakwan Juwarak Wijy Wijaya menjelaskan Bakwan Juwarak merupakan bakwan premium yang dibuat dengan standar kebersihan dan kesehatan yang tinggi.

"Seluruh bahannya dibuat dengan bahan pilihan berkualitas. Dalam proses pembuatannya, bahan baku air yang digunakannya adalah air distilasi," katanya.

Sedangkan untuk bahan dasar tepung diakuinya menggunakan tepung berkualitas tinggi. Untuk sayuran seperti kucai, menggunakan kucai khusus dengan kualitas terbaik. Dan yang paling penting, Bakwan Juwarak digoreng menggunakan minyak goreng sekali pakai. "Kami mengutamakan menjaga kualitas dengan menggunakan bahan baku premium. Untuk prosesnya, kami lakukan dengan standar kebersihan tinggi, dan pastinya 100 persen halal," urainya.

Terkait pengepakan, pihaknyapun menggunakan besek untuk mengurangi limbah plastik.

"Untuk pembuatan sambalnya kami menggunakan jeruk bukan cuka, dan buah cabe bukan sambal botolan," kata Wijy.

Di awal tahun 2020, Bakwan Juwarak sukses masuk dalam Top 14 Digitarasa. Melalui Digitarasa, para pelaku usaha kuliner dibimbing dalam mengembangkan bisnis. Diantaranya memanajemeni operasional bisnis, pemasaran lewat branding dan marketing, pengembangan produk hingga riset pasar. Saat ini Bakwan Juwarak dapat diperoleh melalui platform Gofood dan Instagram @bakwanjuwarak.id untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.


Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini