Ternyata, Pasien Covid-19 Punya Komorbid, Bisa Berakibat Kematian

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson
Pontianak (Suara Kalbar) - Fakta menyatakan jika pasien penderita Covid-9 yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid cenderung berakibat fatal.


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menjelaskan, pasien kasus konfirmasi Covid-19 yang memiliki penyakit penyerta bisa berakibat fatal atau bahkan kematian.

“Untuk pasien-pasien kasus konfirmasi Covid-19 yang mempunyai penyakit penyerta atau komorbid itu akan menyebabkan menderita penyakit yang lebih berat. Ini akan menunjukkan gejala sedang atau berat yang mengakibatkan harus dirawat dirumah sakit. Tidak jarang akan menyebabkan kasusnya menjadi fatal yang menyebabkan kematian,” tuturnya kepada wartawan, Jum’at (25/9/2020).

Harisson menerangkan, penyakit-penyakit penyerta yang biasa dimiliki pasien yang nantinya akan berakibat fatal seperti diabetes melitus, ginjal, jantung, hipertensi, paru dan kanker.

“Untuk kasus kematian di Provinsi Kalbar atau kasus yang menyebabkan pasien dirawat cukup lama dan berat ini biasanya mempunyai komorbid diabetes melitus,ginjal,jantung semi dan non stemi,hipertensi dan penyakit paru. Tidak jarang juga ada penyakit kanker. Ada beberapa pasien yang jadi berat atau fatal itu karena ada penyakit kanker yang menyebar ke bagian tubuhnya yang lain,” terangnya.

Untuk itu pihaknya menyarankan kepada masyarakat yang mempunyai komorbid kencing manis, ginjal, jantung, hipertensi, paru dan kanker untuk benar-benar mengontrol penyakitnya. Penyakit ini hanya bisa dikontrol dengan obat-obatan atau memperbaiki pola hidup dan pola makan yang lebih sehat.


"Kalau komorbid ini bisa terkontrol maka kalau kita terserang virus Covid-19 ini tidak akan berakibat fatal atau setidaknya kita tidak terlalu lama dirawat di rumah sakit,” jelas Harisson.

Pe
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini