Sosok Fawzi Abdul Rani Ayah Artis Ikang Fawzi, Warga Mempawah yang Pernah Jadi Duta Besar di Pakistan

Editor : Suhendra Yusri
Fawzi Abdul Rani, pejabat kelahiran Mempawah yang pernah menjadi Dubes RI untuk Pakistan.  Sumber foto : Wikipedia
Mempawah (Suara Kalbar)-Jas merah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Tahun 1981, Mempawah dibuat bangga, karena seorang warganya diangkat Presiden Soeharto menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Pakistan.

Nama pejabat kelahiran Mempawah itu adalah Fawzi Abdul Rani, yang juga ayah kandung dari artis penyanyi Indonesia, Ikang Fawzi.

Fawzi Abdul Rani dilantik Presiden Soeharto pada 11 April 1981 di Istana Negara, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia di Repubik Islam Pakistan, menggantikan Soepriardjo.

Dikutip dari laman soeharto.co, Fawzi Abdul Rani lahir di Mempawah, Kalimantan Barat, 24 Januari 1926. Lulus Akademi Dinas Luar Negeri, Asian Foreign Service Course Seoul, tahun 1970, Kursus Utama Diplomatik Konsuler Angkatan ke III.

Ia pernah ditempatkan sebagai atase di KBRI Kairo, Sekretaris III pada KBRI Kairo, Sekretaris I pada KBRI di Brussel, Minister Counsellor pada KBRI di Tokyo, Kepala Dinas Kerjasama Regional pada Direktorat Asia Pasifik Deplu.

Ia berkeluarga dan mempunyai empat orang putera, yang salah satunya adalah Ikang Fawzi, artis penyanyi terkenal di era 80-90 an.

Hingga saat ini, Ikang Fazwi dan sang abang, Ahmad Fauzi, diketahui beberapa kali berkunjung ke Mempawah untuk bertemu sanak keluarga dan berziarah ke makam kakeknya.

Sebelum merantau ke Jakarta dan akhirnya menjadi pejabat penting negeri ini, almarhum Fawzi Abdul Rani memiliki keluarga besar di Mempawah. Satu diantaranya adalah almarhum Drs. Bachtiar Rachman, mantan Sekwilda Kabupaten Pontianak.

Dari anak Bachtiar Rachman, yakni Yusri, Kepala Dinas Perindagnaker Kabupaten Mempawah saat ini, terungkap kisah kedekatan Fawzi Abdul Rani dengan masyarakat Mempawah, terutama di kalangan keluarga besarnya.

Saat dihubungi suarakalbar.co.id, Yusri menjelaskan, semasa menjadi pejabat di Kementerian Luar Negeri, almarhum Fazwi Abdul Rani beserta anak-anaknya pernah beberapa kali “balek kampong” ke Mempawah.

“Beliau membawa anaknya mampir di rumah orangtua saya di Terusan, depan Bank BRI. Ketika itu, beliau ke Mempawah untuk berkunjung ke sanak keluarga di Mengkacak Kelurahan Terusan,” ungkap Yusri.

Bahkan saat launching sebuah film, Ikang Fawzi dan istrinya Marissa Haque, mampir ke kediaman almarhum Bactiar Rachman untuk melepas lelah. Sebagai artis yang tengah ngetop ketika itu, kedatangan Ikang dan Marissa kontan disambut meriah warga Mempawah.

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini