Sore Ini, Banjir di Wajok Hulu dan Peniti Luar Berangsur Surut

Editor : Suhendra Yusri
Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono bersama anggota mengecek debit air di Desa Wajok Hulu, Senin (7/9/2020).
Mempawah (Suara Kalbar)-Kapolsek Siantan, Polres Mempawah, Iptu Rahmad Kartono, mengatakan, hingga Senin (7/9/2020) sore, kondisi banjir di Desa Wajok Hulu dan Peniti Luar, Kecamatan Jongkat, berangsur surut.

Dihubungi suarakalbar.co.id malam ini, Rahmad Kartono menambahkan, meski berangsur surut, pihaknya tetap menyampaikan imbauan agar masyarakat mewaspadai kemungkinan tingginya curah yang bisa mengakibatkan air naik secara tak normal.

Sejak pagi, kata Kapolsek, ia telah membagi personel Polsek Siantan menjadi lima tim untuk memonitoring debit air di Kecamatan Jongkat.

“Hasilnya, di Wajok Hilir sudah tidak ditemukan lagi banjir, sedangkan di Wajok Hulu dan Peniti Luar, air mulai surut. Tingginya sekitar 10-15 cm, hanya menggenangi perkarangan rumah warga. Tidak ada lagi yang masuk rumah,” ungkap Rahmad.

Ia berharap, curah hujan tidak tinggi lagi, sehingga debit air terus menurun, sehingga tidak menggenangi perkarangan maupun lahan-lahan pertanian dan perkebunan masyarakat Kecamatan Jongkat.

Selain mengecek debit air, tambahnya, petugas Polsek Siantan juga diminta untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati Nomor 50/2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Menurutnya, bencana banjir jangan sampai membuat masyarakat lengah terhadap protokol kesehatan. Saat beraktivitas di luar rumah, warga wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

“Jadi lima tim personel Polsek Siantan yang turun ke tengah-tengah masyarakat membawa dua misi, yakni mengecek debit air dan mensosialiasikan peraturan bupati tersebut. Semoga banjir cepat surut dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” tutupnya.

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini