Siswa dan Guru di Swab Sebelum Pembelajaran Tatap Muka

Editor : Suhendra Yusri
Petugas medis melakukan swab terhadap para siswa dan guru di SMA di Kabupaten Sanggau, Kamis (17/9/2020).

Sanggau (Suara Kalbar)- Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengintruksikan melalui Dinas Kesehatan akan gencar melakukan swab bagi guru dan siswa yang dimulai pertengahan September 2020 sebelum melakukan pembelajaran tatap muka.

 “Pekan lalu kita juga melakukan swab, cuma belum sampai 200 sampel. Kita tetap patuh dengan keputusan Gubernur. Sanggau kan tidak pernah membangkang, kalau yang meragukan bahwa kita masih zona hijau, belum di tracking saya sudah katakan bicara tracking inikan juga ada strategi tracking," ujar Paolus Hadi, Kamis (17/9/2020).

Dia menjelaskan, Dinkes mulai pertengahan September ini akan secara masif melakukan swab karena akan membuka pembelajaran tatap muka sekolah. 

"Orang-orang yang akan masuk ke pendidikan kita akan swabkan. Dan hari ini sudah mulai, jadi nanti sampai ke penegakan tanggal 1 saya minta kepada petugas, bagi yang tidak pakai masker langsung swab. Kalau ketemunya banyak bearti itulah orang Sanggau yang tidak patuh, di swab saja," katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menyampaikan bahwa mulai pekan ini pihaknya akan gencarkan swab dengan sasaran 200 sampel swab.

"Dan hari ini sasaran kita 200 yang terdiri dari tiga sekolah, SMPN 1 Sanggau, SMAN 1Sanggau dan SMAN 2 Sanggau,"ujarnya.

Swab ini dilaksanakan dalam dua tim di rumah sakit yang baru dan kantor dinas kesehatan yang lama. "Mudah-mudahan tidak ada kendala jadi Jumat ini sudah bisa kita antar sampel swab itu ke provinsi," katanya.

Ginting menegaskan bahwa pencegahan itu jauh lebih penting daripada pengobatan. “Cara-cara pencegahan kita sudah tahu yakni 3M, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Disamping itu kita juga melaksanakan 3 T yakni kita tracking, kita testing lalu kita treatment,"tutupnya.

Penulis :  Darmansyah


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini