Sikapi Banjir, Pemkab Melawi Lakukan Upaya Ini

Editor : Suhendra Yusri
Bupati Melawi, Panji bersama Anggota DPR RI Dapil Kalbar II, Yessy Melania dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Melawi serta organisasi kemasyarakatan  meninjau lokasi banjir di sejumlah titik di termasuk di Nangah Pinoh yang merupakan ibukota Kabupaten Melawi, Selasa (15/9/2020).
Melawi (Suara Kalbar)-  Pemerintah Kabupaten Melawi langsung bergerak kelapangan dan melakukan berbagai upaya dalam menyikapi bencana banjir. Hal ini dilakukan lantaran hampir sepekan, banjir besar melanda hampir diseluruh wilayah Kabupaten Melawi.
sektor perekonomian masyarakatpun mulai terganggu, stok bahan pangan terancam, jika kondisi banjir belum juga surut. Terlebih, akses transportasi darat lumpuh total.

"Pemerintah Daerah langsung melakukan evakuasi sesegera mungkin, karena sifat banjirnya, kejutan dan tiba tiba air naik secara cepat," ujar Bupati Melawi, Panji di Pendopo Bupati Melawi, Selasa (15/9/2020).

Dikatakan Panji, pemerintah sudah menetapkan beberapa tempat sebagai kantong penampungan pengungsi banjir seperti gedung serbaguna, SDN 6, SDN 11,  Kompi 642 dan Desa Tanjung Lay.
"Semua jajaran pemerintah dan unsur pendukung sudah bergerak dihari pertama untuk gotong royong menyediakan tempat penampungan bagi masyarakat yang terkena dampak banjir," kata Panji.

Dihari kedua, kata Panji semua pihak terus bergerak mulai dari TNI, Polri, BPBD, Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, PMI, PKK, Partai Politik dan semua organisasi kemasyarakat untuk ikut bergerak bersama Pemerintah Daerah guna membantu masyarakat terdampak banjir dan melakukan evakuasi.

Panji menjelaskan pemerintah membuatkan tempat penampungan yang sudah ditetapkan. Penguatan terkait ketersediaan logistik pangan dan dapur umum yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan para korban banjir di lokasi penampungan. "Dapur Umum dipusatkan di SD Negeri 6," bebernya.

Pemerintah Kabupaten Melawi juga sudah mengatur transportasi guna pendistribusian logistik pangan ke tempat-tempat penampungan lain mulai dari kendaraan, tenaga, hingga jumlah data jumlah jiwa atau masyarakat yang berada dilokasi penampungan.

Panji juga menyampaikan terimakasih bahwa DPD Partai NasDem membuka pintu kantornya sebagai tempat penampungan atau evakuasi korban. "Kiranya bisa diikuti semua elemen daerah," harapnya.
Sementara itu, Yessy Melania, Anggota DPR RI Dapil Kalbar II (Dua) yang Merupakan Putri Asli Melawi juga turun meninjau kondisi Banjir dan Masyatakat yang terkena bencana Banjir.

Yessy mendukung langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah, dan juga mendorong serta mengajak semua masyarakat dan ormas serta seluruh elemen daerah untuk ikut bergotong royong dan peduli terhadap sesama sebab ini bencana alam bagi semua."Sebagai satu keluarga besar Melawi kita patut berdoa agar bencana ini segera berlalu," ajaknya.

Pemerintah daerah, kata Panji, mengajak semua pihak gotong royong, dan bahu membahu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana Banjir.  Terlebih pencukupan kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minum. Saya dan Jajaran Pemerintah akan terus bergerak untuk menyelamatkan masyarakat dari bencana banjir. Mari kita bahu membahu," pungkasnya.

Penulis     :  Dea Kusumah Wardhana

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini