Satu Tenaga Medis RSUD Abdul Aziz Terkonfirmasi Positif Covid-19

Editor : Suhendra Yusri
Direktur RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, dr Ruchanihadi, Sp.PD

Singkawang(Suara Kalbar)-  Sebanyak satu orang tenaga medis di RSUD dr Abdul Aziz Singkawang terkonfirmasi Covid-19 sehingga akhirnya dirawat di ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan pada Jumat (18/9/2020) lalu.

Saat dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 usai dilakukan swab, satu orang tenaga medis tersebut mengalami gejala demam, batuk, filek dan kehilangan penciuman.

“Kita rawat di ruang isolasi dan teman-teman di poli klinik kita liburkan selama dua hari pada Sabtu  hingga Senin, pada Seninnya kita lakukan pemeriksaan swab,” ujar Direktur RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, dr Ruchanihadi, Sp.PD, Rabu (23/9/2020).

Dia menjelaskan, ada sekitar 60 tenaga kesehatan yang telah diambil swabnya dan sampelnya dikirim ke Pontianak. “Hasilnya kita masih menunggu hasil, dan mereka tidak ada keluhan bergejala dan kita sarankan menggunakan APD pada Selasa,” katanya.

Ruchanihadi mengatakan pasien yang dirawat di ruang isolasi melakukan perawatan terhadap pasien yang terkonfirmasi  positif. “Perawatan dan pengobatan kita berikan obat-obatan yang sesuai standar diberikan obat sesuai keluhan seperti obat untuk mengobati batuk, filek dan suplemen madu,” katanya.

“Perawatan tetap dikunjungi dokter penanggaung jawab pasien, baik dokter spesialis paru-paru,  dokter spesialis bedah sesuai dengan penyakit penyertanya,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mereka perawatan yang dilakukan sehari-hari di dalam ruangan tetap menggunakan APD.

“Sesuai dengan kondisi pasien sehari tiga kali tambahan suplemen, tetap pelayanan diberikan  perawatan diberikan seperti pasien pada umumnya,” katanya.

Dia menjelaskan tidak ada makanan khusus bagi terkonfirmasi, namun tetap empat sehat lima sempurna. 

Penulis   : Tim Liputan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini