Satgas Covid-19 Instruksikan Puskesmas Sungai Kunyit Tracking Keluarga Pasien Positif

Editor : Diko Eno
Ilustrasi Covid-19 | Suara.com
Mempawah (Suara Kalbar)-Pengumuman seorang anak berusia 6 tahun asal Kecamatan Sungai Kunyit, terkonfirmasi positif Covid-19 di Serukam, Kabupaten Bengkayang, membuat Satgas Covid-19 segera bertindak.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian, mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada Puskesmas di Sungai Kunyit agar segera melakukan tracking terhadap pihak keluarga sang bocah.

“Nanti setelah di-tracking baru bisa kita simpulkan apakah pihak keluarga R  ini akan menjadi penyelidikan epidemiologi (PE) atau juga di-swab. Dalam mengantisipasi penyebaran agar tak meluas, kita harus bergerak cepat,” kata Mukhtar.

Seperti diberitakan suarakalbar.co.id, seorang warga Kabupaten Mempawah diumumkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson telah terkonfirmasi positif Covid-19, berdasarkan hasil Swab PCR.

Ternyata, warga yang positif tersebut adalah seorang bocah berusia enam tahun asal Kecamatan Sungai Kunyit. Bocah berinisial R kini tengah dirawat di RS Serukam, Kabupaten Bengkayang.

“Pasien berinisial R ini adalah anak berusia enam tahun. Ia terpapar Covid-19 saat hendak berobat di salahsatu rumahsakit di Serukam. Dan saat ini R masih dirawat di rumah sakit tersebut,” ungkap Muhktar.

Terungkapnya R sebagai pasien positif berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang. Sebab sebelumnya, R ini memiliki kontak erat dengan kasus terkonfirmasi yang sama di rumahsakit itu.

“Karenanya, Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang melakukan PE dan swab terhadap beberapa orang, termasuk R yang masih berusia 6 tahun ini. Hasilnya, hari ini diumumkan turut terkonfirmasi positip Covid-19,” beber Mukhtar lagi.

Dari koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang, Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah mendapat informasi bahwa R memiliki keluhan demam, batuk dan sesak nafas.

“Dan kita di Mempawah akan terus memantau perkembangan R ini. Kita berharap cepat diberikan kesembuhan,” tutup Mukhtar.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini