Rutan Kelas IIB Dan PN Bengkayang Teken Kerjasama Pencegahan Korupsi

Editor : Suhendra Yusri
Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang, Brelly Yuniar Dien Wardi menandatangani kerjasama tentang pencegahan korupsi dengan Rutan Kelas II B Kabupaten Bengkayang, Rabu (16/9/2020).
Bengkayang (Suara Kalbar) - Pengadilan Negeri Bengkayang dengan Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas II B Kabupaten Bengkayang tanda tangan perjanjian kerjasama tentang pencegahan korupsi di Pengadilan Negeri Bengkayang dan Rutan Kelas II B melalui sosialisasi maklumat anti suap dan gratifikasi kepada para tahanan atau terdakwa di Rutan Kelas IIB, Rabu, (16/9/2020).

Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang, Brelly Yuniar Dien Wardi mengungkapkan, perjanjian kerjasama antara PN Bengkayang dengan Rutan Kelas II B adalah dalam bentuk komitmen dan fokus  penegakan hukum dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi kepada para tahanan, terkhususnya yang ada di Bengkayang.

“Secara non formil kegiatan ini sudah berlangsung tahun lalu. Dengan adanya kerjasama ini, sosialisasi kepada para tahanan dapat tersampaikan dengan tepat. Kami meminta kepada pihak Rutan untuk mensosialisasikan maklumat tersebut kepada warga binaannya. Hal ini kita lakukan untuk menyampaikan kepada masyarakat , ataupun warga binaan pemasyarakatan (WBP) bahwa proses hukum yang mereka hadapi  tidak ada pungutan apapun," ujar Brelly.

Brelly menegaskan, jika pun ada biaya itu adalah biaya perkara yang resmi. "Tidak benar jika nanti ada yang bilang putusan begini dan begitu," ujarnya.

Brelly berharap program kerjasama tersebut dapat tersampaikan kepada warga binaan sehingga mereka akan tahu, dan tidak takut terjadi suap dan lain-lainnya. Program ini tidak hanya dipandang sebagai normatif semata, namun harus diwujudkan dengan tujuan yang baik.

"Kami juga berharap kepada masyarakat dan juga media untuk bantu menyampaikan kepada khalayak ramai. Jika masyarakat memahami isi dari maklumat tersebut tidak akan terjadi korupsi, dan Bengkayang akan lebih maju. Ini salah satu upaya kita untuk membangun citra kita khususnya kabupaten Bengkayang," pungkasnya..

Kepala Rutan Kelas II B Bengkayang, Chandra Wiharto menambahkan, program kerjasama ini tentu sejalan dengan program yang akan diusulkan pihaknya tahun ini menjadi wilayah bebas korupsi, atau pembangunan zona integritas.

"Kami bersama PN Bengkayang berupaya bersama-sama dalam rangka  menuju wilayah bebas korupsi. Kita melakukan kegiatan kerjasama ini, untuk mencegah terjadinya korupsi, yang stigma masyarakat terjadinya suap dan lain-lain," ungkap Chandra.

Chandra pum menegaskan, pihaknya selalu melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada  para tahanan yang sedang dalam proses hukum bahwa tidak ada suap dan tidak ada pungutan perkara hukum.

Penulis : Kurnadi

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini