Robo’-Robo’ Kuala dan Segedong, Pasar dan Hiburan Rakyat akan Ditiadakan

Editor : Suhendra Yusri
Rapat koordinasi kegiatan Festival Even Budaya Robo-Robo di Kantor Bupati Mempawah, Senin (14/9/2020).
Mempawah (Suara Kalbar)- Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Mempawah, Kompol Abdul Rachman, menyampaikan imbauan agar dalam pelaksanaan ritual Robo-Robo’ tahun ini, sebaiknya ditiadakan pasar rakyat, hiburan dan aktivitas pendukung yang bisa mengumpulkan massa.

Hal tersebut disampaikan Abdul Rachman ketika mengikuti Rapat Koordinasi Kegiatan Festival Even Budaya Robo’-Robo’ yang langsung dipimpin Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi di Kantor Bupati Mempawah, Senin (14/9/2020).

Tampak hadir, para pejabat Pemkab Mempawah, para camat, lurah, kepala desa, Pemangku Adat Keraton Amantubillah, panitia Robo’-Robo’ dan perwakilan masyarakat.

Abdul Rachman mengatakan, imbauan tersebut disampaikan dalam rangka mengantisipasi potensi penyebaran atau transmisi lokal Covid-19 akibat berkumpulnya massa di lokasi Robo’-Robo’.

Apalagi, kata Muhammad Pagi, kegiatan kebudayaan dan even pariwisata lainnya juga tidak ada yang dilaksanakan di pandemi Covid-19. Jika pun ada, dilakukan secara terbatas, misalnya Naik Dango di Anjongan belum lama ini.

“Sedangkan bagi masyarakat Mempawah yang akan menggelar makan seprahan, kami minta agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini demi keselamatan kita bersama,” imbuh dia.

Karenanya, panitia pelaksana Robo’-Robo’ baik di Segedong maupun Mempawah, diminta selalu berkoordinasi dengan Polri dan TNI, serta tidak mengundang banyak orang saat pelaksanaan kegiatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, menyampaikan komitmen untuk tidak melaksanakan acara seremonial Robo’-Robo’ di Pelabuhan Terpadu Kuala Mempawah seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang kita belum tahu kapan akan berakhir. Jadi seremonial Robo’-Robo’ kita tiadakan untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, termasuk virus Covid-19 ini,” kata Muhammad Pagi.

Namun untuk kegiatan ziarah ke Makam Opu Daeng Menambon, Muhammad Pagi, mengungkapkan Pemkab Mempawah berencana akan ikut serta, namun tetap dengan protokol kesehatan di Sebukit Rama.

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini