Raperda Pemakaian Tanah Hak Pengelolaan Pemda Lagi Dibahas

Editor : Suhendra Yusri
Anggota DPRD Kota Singkawang, Sitti Syamsiah

Singkawang (Suara Kalbar)-  Anggota DPRD Kota Singkawang, Sitti Syamsiah Hutapea mengatakan saat ini lagi dibahas Perda Pemakaian Tanah Hak Pengelolaan Pemerintah Daerah yang akan direncanakan ketok palu pada Rabu (30/9/2020) mendatang.

“Kita lagi membahas peraturan daerah tentang pemakaian aset milik pemda, semuanya sudah selesai dan sudah kita bahas eksekutif pada Rabu dan kita sahkan untuk ketok palu,” ujar Siti Syamsiah, Selasa (29/9/2020).

Menurutnya, tujuan dari dibahasnya Perda ini untuk mengamankan aset milik Pemkot Singkawang dan Bengkayang setelah melakukan kunjungan di Sambas dan Bengkayang sebanyak 228 persil, mulai dari 2012, 2014 dan 2017 dan dari 228 persil, diantaranya 15 persil masuk tanah HPL dan juga sudah dilakukan penyerahan dokumen sertifikat dari Bengkayang ke Singkawang.

“Tujuan dibuatkannya perda ini untuk mengamankan lokasi tanah milik Pemerintah Daerah,  dimana bisa meningkatkan PAD. Untuk masyarakat misalnya rumah  atau usaha yang sesuai tata usaha atau fungsinya. Alhamdulillah, Perda ini tidak perlu memakan waktu  yang lama dan kami sangat mendorong aset daerah,” katanya.

Dia menjelaskan, sudah ada serah terima  dari Kabupaten Sambas kepada Bengkayang, untuk mendapatkan data-data aset Kota Singkawang.

“Satu pansus ada 7 orang dengan leading sektor diantaranya Dinas Perkimta bidang pertanahan,  bidang aset dan hukum.  Insya Allah selama ini sudah selesai dan tidak ada masalah, kita turun ke lapangan dan cek lokasi, kita ambil sampel di pemukiman penduduk dan pasar,” jelasnya.


Penulis   : Tim Liputan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini