Puskemas Sui Durian Adakan Swab Gratis Bagi Warga Sekitar

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Pemeriksaan Swab gratis terhadap masyarakat yang berada disekitar puskesmasSungai Durian Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
Kubu Raya (Suara Kalbar) - Puskemas Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, melakukan pemeriksaan Swab gratis terhadap masyarakat yang berada disekitar puskesmas tersebut.

Kepala Puskesmas Sungai Durian, Eman Sulaeman menuturkan, Swab gratis ini berjalan sejak awal bulan September tahun 2020.

“Swab gratis ini sejak bulan September ini . Prosedurnya diperiksa dulu yang memenuhi kriteria dan indikasi,” ujarnya saat ditemui wartawan, Senin (14/9/2020).

Eman mengatakan, yang bisa melakukan pemeriksaan Swab di puskemas Sungai Durian ini adalah bagi warga yang berkedudukan di Kabupaten Kubu Raya.

“Siapapun yang kesini khususnya KTP Kubu Raya ada memiliki gejala apalagi ada kontak dengan pasien konfirmasi itu wajib dan pasti diarahkan kesini,” jelasnya.

Untuk animo masyarakat sendiri,Eman menyampaikan, untuk pemeriksaan Swab mandiri respon dari masyarakat bisa dinilai kurang. Ini diakibatkan karena penyakit Covid-19 ini dianggap menakutkan.

“Mungkin karena ini penyakit yang kadang-kadang agak terlalu menakutkan bagi masyarakat bisa dikatakan responnya kurang. Tapi bukan berarti kami tidak bergerak. Kami juga melakukan Swab sesuai arahan Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya kepada instansi instansi yang terjadwal,

Untuk yang mandiri itu relatif kurang,tapi kalau untuk yang berobat dan dia memiliki indikasi seperti batuk dan demam itu ada setiap hari dan diarahkan di Swab,” sambungnya.

Eman juga menghimbau kepada masyarakat sekitar jika mempunyai gejala-gejala penyakit Covid-19 agar kiranya melakukan pemeriksaan Swab di puskemas Sungai Durian.

“Himbauan kepada masyarakat khususnya yang mempunyai gejala-gejala seperti demam,batuk,sesak terlebih dizona merah silahkan untuk melakukan Swab. Yang masih sehay tetap jaga kesehatan,tetap lakukan protokol kesehatan dan memakai masker ,jaga jarak serta mencuci tangan,” pintanya.


Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini