PJs Bupati Sambas Kunjungi Pemeriksaan Swab yang dilakukan 100 ABK di Pemangkat

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

 SWAB oleh 100 anak buah kapal (ABK) dilakukan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat
Pemangkat (Suara Kalbar) - Pemeriksaan SWAB oleh 100 anak buah kapal (ABK) dilakukan oleh Pemkab Sambas di Kecamatan Pemangkat yang dilakukan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat.

PJs Bupati Sambas Syarif Kamaruzzaman mengatakan pemerintah terus berupaya mencegah semakin tingginya tingkat penyebaran dengan beberapa pencegahan salah satunya melakukan Swab seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Sambas.

Masyarakat, diakuinya harus terus  menjaga agar penyebaran Covid-19 tak semakin menyebar salah satunya dengan menjaga kondisi tetap fit sehingga hari ini para ABK yang datang dari luar dan berhubungan dengan masyarakat sekitar harus dilakukan Swab.

"Guna memastikan apakah para ABK terbebas dari Covid-19 kita lakukan pemeriksaan hari ini sekitar 100 lebih orang," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Menurutnya pemeriksaan Swab ini selanjutnya akan dikirimke Pontianak untuk diperiksa di LaboratoriuCovid-19 memastikan agar warga tidak terjangkit dan tidak semakin meluasnya penyakit mematikan ini.
"Karena ini bukan main-main dibeberapa kawasan beberapa sudah meninggal sehingga kita harus segera bergerak untuk pencegahan," jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Sambas, Arifidiar menjelaskan jika kewajiban mengetahui kesehatan terhadap masyarakat menjadi kewajiban pemerintah.
"Saya sudah melihat arahan langsung dari Bupati kepada stakeholder sangat baik karena standar rumus mengetahui rasio ilmu kesehatan dapat terpenuhi dengan banyaknya pelaksanaan Swab," jelasnya

Sebagai wakil rakyat dari Fraksi Golkar, ia mengapresiasi pemerintah termasuk Kepolisian TNI dalam bahu membahu memberantas Covid-19 termasuk upaya seluruh pihak yang diiringi dengan doa teemasuk tekat untuk sehat dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Kadinkes Sambas, Fattah Mariyunani menambahkan bahwa Swab dilakukan akibat keluar masuk warga dari luar yang masuk ke Pemangkat sehingga harus diperiksa apalagi di Kota Singkawang yang merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sambas

"Di Singkawang mencapai puluhan orang yang terkonfirmasi sehingga di Kecamatan Pemangkat harus dilakukan swab. Semoga kedepan terhindar dari segala macam penyakit," harapnya.

Rasa syukur dihaturkan Camat Pemangkat, Slamet karena pemerintah punya perhatian khsusus menghindari penyebaran Covid-19 di Pemangkat.

"Semoga warga selalu sehat," pungkasnya.


Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini