Perketat Bandara Supadio, Dinkes Provinsi Lakukan Swab Acak Kepada Penumpang

Editor : Suhendra Yusri
Petugas medis melakukan pengambil swab kepada penumpang maskapai di Bandara Supadio belum lama ini, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Pontianak (Suara Kalbar) – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan Tes Swab secara acak kepada sejumlah penumpang maskapai penerbangan di Bandara Supadio baik pada Kamis (3/9/2020) dan Jumat (4/9/2020).

“Dinas Kesehatan juga menjaga pintu-pintu masuk warga dari luar Kalimantan Barat. Jadi di Bandara kita melaksanakan Swab terhadap sampel keluarga atau penumpang pesawat yang datang ke Pontianak atau Kalimantan Barat memalui Bandara Supadio,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalbar, Harisson kepada wartawan, Kamis (10/9/2020).

Dia menjelaskan pada Kamis (3/9/2020) pihak Dinkes Provinsi  Kalbar melakukan Swab acak terhadap penumpang dari maskapai penerbangan City Link dan Lion Air asal Jakarta.

“Untuk di Bandara Supadio ini, 3 September kita melaksanan Swab terhadap 22 orang secara acak terhadap penumpang City Link dan Lion Air dari Jakarta,” jelasnya.

Dia menyatakan ke 22 orang yang menjalani Swab acak ini hasilnya negatif atau tidak terkonfirmasi Covid-19.“Ke 22 orang ini sudah ada hasil itu semuanya negatif,” katanya.

Demikian pula pada Jumat (4/9/2020) Dinkes Provinsi juga melakukan pengambilan Swab dadakan kepada penumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

“Kemudian kita juga melaksanakan Swab terhadap penumpang Garuda Indonesia tanggal 4 September 2020 sebanyak 20 orang,” jelasnya.

Harisson menerangkan hasil dari pemeriksaan Swab dadakan yang dilakukan terhadap penumpang Garuda Indonesia ini hasil semuanya juga negatif.

Dengan demikian, dalam waktu dua hari pemeriksaan Swab dadakan tidak menemukan kasus konfirmasi baru Covid-19.

“Untuk tanggal 4 September tahun 2020 Garuda Indonesia juga semuanya negatif. Jadi dari pemeriksaan PCR nya di dua hari kami melaksanakan acak ini hasilnya negatif,” ungkapnya.

Penulis   : Yapi Ramadhan



Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini