Nelayan Sungai Pinyuh Dukung Pelabuhan Kijing dan Bersatu Cegah Covid-19

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Syaiful, Wakil Ketua Kelompok Nelayan Pesisir Usaha Bersama (kemeja putih) saat silaturahmi bersama nelayan dan masyarakat di Gang Nelayan Sungai Pinyuh.

Mempawah (Suara Kalbar) - Kelompok Nelayan Pesisir Pantai Usaha Bersama Sungai Pinyuh menyatakan tekad untuk siap membantu menjaga kamtibmas dan mendukung pembangunan Pelabuhan Terminal Kijing.

Tekad tersebut disampaikan dalam silaturahim antara masyarakat dan nelayan Sungai Pinyuh di Gang Nelayan, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Jumat (25/9/2020) pukul 20.00 WIB.

Dalam kesempatan itu juga, karena situasi daerah yang masih dalam pandemi Covid-19, para nelayan ini menyatakan bersedia berperan aktif menerapkan disiplin protokol kesehatan seperti diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 50 tahun 2020.

Silatuhrami antara masyarakat dan kelompok nelayan ini berlangsung penuh keakraban dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sebelum dimulainya acara, masyarakat yang hadir tampak mengatur jarak tempat duduk, mengenakan masker dan mencuci tangan.

Syaiful, Wakil Ketua Kelompok Nelayan Pesisir Pantai usaha Bersama, mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa menggelar silaturahmi dengan masyarakat dan nelayan di Sungai Pinyuh.

Syaiful juga mengatakan, nelayan Sungai Pinyuh yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Usaha Bersama dan tergabung pula dalam Aliansi Nelayan Kalbar dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) siap mendukung apa yang menjadi program pemerintah pusat, provinsi dan Pemkab Mempawah.

“Kami siap mendukung Pelabuhan Internasional – Terminal Kijing. Dan kami tidak akan melanggar kebijakan-kebijakan yang telah ditentukan, terutama dalam upaya percepatan pembangunan pelabuhan yang saat ini tengah berlangsung di Sungai Kunyit,” katanya.

Apalagi pelabuhan itu merupakan salahsatu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Merupakan suatu kebanggaan jika Kabupaten Mempawah memiliki pelabuhan bertaraf internasional dan menjadi salahsatu poros maritim NKRI.

“Jujur saja, kami di Sungai Pinyuh sudah tak sabar menunggu Pelabuhan Kijing diresmikan Bapak Presiden. Dengan begitu, seluruh sektor kehidupan masyarakat di Kabupaten Mempawah akan maju dengan pesat,” katanya.

Terkait dengan pandemi Covid-19, Syaiful mengatakan, sejak awal para nelayan di Sungai Pinyuh sudah menyatakan tekad siap untuk bersatu memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini.

“Kami siap mematuhi protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari, yakni mengenakan masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan. Kami sadar, protokol kesehatan ini diterapkan adalah untuk keselamatan kami sendiri dan keluarga kami di rumah,” tegasnya.


Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini