Musik Khas Jogja, Angklung 'Satria Brothers' Main di Pontianak

Editor : Redaksi II
Musik Khas Jogja, Angklung 'Satria Brothers' Main di Pontianak.(Foto: apto Nur Cahyo)

Pontianak (Suarakalbar) – Musik khas Jogja diperdengarkan dengan perpaduan bunyi yang  merdu di lampu merah taman Bundaran Tugu Digulis, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Jum’at (18/09/2020).

Sontak irama indah dari alat sederhana yang didominasi suara angklung, dengan dimainkan secara horizontal oleh komunitas Sanggar Angklung Satria Brothers dari Jogyakarta yang menghibur masyarakat sedang berhenti di lampu merah tersebut.
 

Ketua kelompok, Handri (21)mengatakan  hal ini mereka lakukan dalam rangka untuk melestarikan dan mengenalkan alat musik tradisional berupa Angklung  agar dikenal banyak orang.

“Mengenalkan alat musik, angklung. Alat musik tradisional agar dikenal banyak orang. Melestarikan alat musik Tradisional,” katanya.

Angklung Satria Brothers Jogyakarta yang  terdiri dari lima orang personil baru tiba di Pontianak satu pekan lalu pada Jumat, 11 September 2020.

Sementara itu pemain lainnya, Indra (24) menyampaikan, bahwa komunitas ini baru coba dirancang untuk dibentuk juga di Kalimantan dan mereka baru satu pekan, karena komunitasnya mempunyai sanggar, dan sanggarnya berada di Yogyakarta.

“Mau mengenalkan alat musik. Biar Kalimantan tahu, alat tradisional harus dikembangkan. Di Kalimantan baru rencana bikin sanggar biar terkenal. Latihan di Jawa, Pontianak nginap, jadi langsung maen. Baru datang kemaren hari Jum’at di Jalan Johar. Ngekos, rencana tidak netap,” ujar Indra.

Indra juga menambahkan, bahwa mereka  tidak menetap dan akan keliling Kalimantan untuk memainkan alat musik tradisional tersebut.

 “Rencana dari Pontianak, sampai Samarin, dan Balikpapan. Keliling pokoknya, keliling Kalimantan. Untuk memperkenalkan alat musik tradisional biar anak-anak muda tahu bahwa ini alat musik tradisional,”tutupnya.

 Penulis : Sapto Nur Cahyo / Mahasiswa PPL IAIN Pontianak

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini